Kajian MQ Pagi, 03 Dzulhijjah 1441/ 24 Juli 2020

Sahabat yang baik, untuk saat ini kondisi situasi masih belum bisa dikatakan normal. Kita diharuskan tetap disiplin mematuhi segala protokol-protokol yang ada, karena khawatir bisa tertular ataupun menularkan kepada orang lain.

Jangan ikut-ikutan membandel dan juga merasa tidak ada apa-apa, karena Naudzubillahimin Dzalik, biasanya orang baru tersadar kalau sudah terkena virus tersebut.

Tetap kita menjaga segala situasi di sekitar dengan memperhatikan:

Si= Sirkulasi ventilasi harus bagus
Ja= Jaga jarak
Dur= Durasi jangan terlalu lama

Selain itu, kita juga harus berlindung kepada Allah dari bahaya tertipu.

Umar Bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu berpesan,

“Bahwa jika kita merekomendasikan orang lain, itu bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum kita mengatakan orang itu baik”.

Pertama, Safar. Pernahkah kamu melakukan safar bersama orang itu? Karena dalam safar kita bisa mengetahui bagaimana akhlak dia dalam keadaan senang, susah dan bagaimana sikap dia menghadapi situasi tertentu.

Kedua, Muamalah. Pernahkah kamu bermuamalah dengannya? Jadi, kalau sudah masuk ke dalam bisnis, kita sudah dapat bisa memahami bagaimana sikap keserakahan, bagaimana sikap baik dia kepada kita. Maka, sikap aslinya akan bisa langsung terlihat.

Ketiga, Amanah. Pernahkah kita memberi amanah kepadanya? Kalau seseorang memiliki akhlak yang baik, dengan amanah yang diberikan kepadanya, dia akan sangat berhati-hati sekali. Tetapi kalau ada orang yang sudah berjanji namun tidak bisa menepatinya, maka ada yang salah pada dirinya.

Oleh karenanya, ketika kita ingin merekomendasikan seseorang, jangan terlalu melebih-lebihkan orang tersebut. Khawatir apa yang kita katakan, tidak benar seutuhnya. Kita katakan saja apa yang menjadi fakta tentang dia. Maka berhati-hatilah dengan merekomendasikan seseorang.

Masya Allah. Semoga Bermanfaat.

Sahabat yang baik, simak kajian selengkapnya di Youtube:
Aagym Official (bit.ly/MQPagi240720)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *