KBIHU Daarut Tauhiid Gelar Manasik Online

Setelah tuntas mengadakan Tarhib Ramadhan beberapa pekan lalu, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah (KBIHU) Daarut Tauhiid mengadakan manasik haji secara daring melalui Zoom Meeting. Hal ini disampaikan Ai Nur Anisa melalui sambungan telepon. “KBIHU DT mengadakan manasik secara daring ini sebagai bentuk pelayanan yang baik untuk jamaah haji sebelum diberangkatkan. Sehingga keilmuan tentang tata cara pelaksanaan haji seperti apa. Setidaknya sudah ada ilmu yang akan bermanfaat untuk di harramain,” ujarnya pada Sabtu (17/4).

Menurutnya, Keberangkatan Jamaah Haji pada tahun 2021 belum ada informasi berangkat atau tidaknya. KBIHU Daarut Tauhiid dibawah koordinasi Kemenag RI menunggu informasi yang BAL (Benar, Akurat dan Lengkap) untuk dikabari kepada jamaah calon haji. Tetapi maintanance calon jamaah haji harus tetap dilakukan, seperti kegiatan saat ini. “Kegiatan manasik online ini juga sebagai ajang silaturahmi. Kami bersyukur, Alhamdulillah kegiatan ini dihadiri oleh 156 orang jamaah haji dari berbagai zonasi, yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi.”

Harapan dari Ai selaku tim KBIHU DT agar jamaah menjadikan Ramadhan tahun ini sebagai ladang amal beribadah dan tafakur. “Ridha terhadap takdir yang Allah berikan dan dapat mengambil hikmah jika tahun ini tidak ada keberangkatan haji, mungkin Allah memberikan tarbiyah untuk terus menambah ilmu haji umrah dan melatih kesabaran para jamaah,” pungkasnya.

Kegiatan manasik haji secara online ini membahas tentang Fiqih Haji yang disampaikan oleh Ustaz Mumuh Abdul Muhyi yang merupakan Ketua KBIHU Daarut Tauhiid dan juga dihadiri Kepala Sekretaria Yayasan DT Cucu Hidayat sebagai pembawa acara. Kegiatan selanjutnya KBIHU DT akan mengadakan manasik haji lanjutan, kajian Islam, dan Spirit to Baitullah. Jika sudah offline akan mengadakan Manasik Kubro (rangkaian praktek manasik secara keseluruhan). (Ai/Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *