Kolaborasi untuk Kemajuan Ekonomi

Daarut Tauhiid Peduli (DT Peduli) dan Duta Transformasi Insani (DT Insani) telah berkolaborasi melaksanakan pelatihan digital mareketing. Meski baru dua kali diadakan, namun insya Allah akan terus berlanjut.

Kegiatan ini amat membantu masyarakat terutama para pelaku usaha ekonomi kecil dan menengah (UKM) ketika kemajuan teknologi menjadikan berbelanja menjadi mudah. Pelaku UKM memperoleh pendampingan dan pengetahuan yang menunjang mereka dalam berbisnis melalui platform belanja online.

Tidak dapat dipungkiri, pertumbuhan teknologi telah begitu pesat. Apalagi di kala pandemi, membuka kesempatan seluas-luasnya bagi setiap orang untuk berinteraksi dengan kemajuan teknologi dan beraktivitas secara online. Apalagi dengan fasilitas-fasilitas yang dimiliki, mulai dari TV, gadget, ipad, komputer, boleh dibilang setiap harinya kita dihadapkan dengan beragam informasi tanpa batas. Kita pun bebas dan leluasa melakukan aktivitas jualan melalui perangkat yang dimiliki.

Teknologi Masa Depan

Tentu saja menguasai teknologi merupakan suatu keharusan bagi kita saat ini. Keberadaan dan penggunaan teknologi informasi dalam suatu institusi pendidikan misalnya, kini diposisikan sebagai penentu kualitas pendidikan. Menurut catatan lembaga riset Gardner, pada tahun 2020, sekitar 60% lembaga pendidikan tinggi dunia akan mentransformasikan seluruh sistemnya menjadi online. Dan itu sudah terjadi di kala pandemi.

Berdasarkan fenomena saat ini, anak usia sekolah hingga dewasa sangat asik dengan media jejaring sosial, games onlinechatting, dan sebagainya. Hal ini seharusnya menjadi fokus utama bagi para penyelenggara pendidikan dan pemerintah, khususnya orangtua dalam sebuah keluarga. Jelas sekali, kontrol diri penting untuk tetap dijaga.

 Digital Marketing

Melalui teknologi dan platform belanja online suatu brand atau produk melakukan digital campaign atau kampanye online. Ini merupakan cara agar usaha kita dikenal secara online. Hal-hal demikian disebut dengan istilah digital marketing. Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand.

Seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing. Lalu, sepenting apakah sebuah digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk-produk tertentu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita bisa menyimak penjelasan berikut ini agar memahaminya secara jelas.

Digital marketingadalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuandigital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Amal Era Digital

Jika kita bersinergi melakukan kebaikan bersama, bisa dibayangkan betapa besar kekuatan silaturahim dan ukhuwah kita, terutama dibidang perekonomian. Hal ini di lakukan DT Peduli dan DT Insani. Betapa indahnya, jika semua kemajuan teknologi saat ini menjadi jalan tersebarnya berbagai kebaikan.

Dalam sebuah hadis disebutkan, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang saleh.” (HR. Muslim no. 1631). Mari sinergi dan berbagi. Mari jalin terus silaturahim dan perkokoh ukhuwah. Mari menebar amal pada era digital. (Eko)

ket: ilustrasi foto diambil saat sebelum pandemi

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *