Mengenal dan Memahami Pengertian Affiliate Marketing

Berbincang mengenai dunia pemasaran atau marketing, maka pengertian affiliate marketing tidak boleh abai untuk dibahas. Ini karena kecenderungan dunia marketing saat ini, menunjukkan tren sangat besar mengarah ke affiliate marketing. Jadi, jika Anda adalah seorang pemilik usaha (owner) atau berprofesi sebagai tenaga penjual (marketer), wawasan mengenai affiliate marketing harus sangat dipahami.

Apalagi dengan menjamurnya pemasaran internet atau pemasaran online, affiliate marketing seakan menemukan inang baru, tempat ia bisa tumbuh subur tanpa batas. Bahkan ketika affiliate marketing berpadu dengan pemasaran online, siapa pun bisa berpeluang besar mendulang rupiah demi rupiah (atau bahkan dolar) meski ia bukan seorang bisnis owner atau tenaga marketing profesional.

Pengertian Affiliate Marketing
Untuk memahami affiliate marketing, bisa kita awali dari pengertian dua kata penyusunnya, yakni ‘affiliate’ dan ‘marketing’. Affiliate (affiliasi, dalam bahasa Indonesia) berasal dari bahasa Inggris yang berarti ‘ikatan’ atau ‘bergabung’. Dalam konteks dunia bisnis, affiliate bisa disamakan artinya dengan ‘ikatan kerja atau bisnis’. Adapun ‘marketing’, punya arti pemasaran atau penjualan.

Nah, mengacu pada pengertian dua kata tersebut, pengertian affiliate marketing adalah suatu sistem atau metode pemasaran untuk meraih lebih banyak pembeli atau pelanggan tanpa terlalu memperhatikan hubungan kerja antara pemilik produk/jasa (merchant) dengan tenaga pemasarannya (affiliate marketers atau affiliate).

Dengan kata lain, affiliate marketing merupakan cara pemasaran dengan membayar komisi kepada seseorang atas dasar berapa banyak produk/jasa yang terjual. Jadi, seorang affiliate memiliki peran sebagai perantara dalam mata rantai jual beli, hampir sama seperti seorang broker dalam konteks pemasaran konvensional.

Beda Affiliate dengan Reseller dan Endorse
Dalam perkembangannya, ada irisan yang sama antara seorang affiliate, reseller, dan endorse. Tetapi, affiliate tidak sama dengan reseller (menjual ulang). Perbedaannya terletak pada keterlibatan dengan calon pembeli/pelanggan. Seorang reseller, ia terlibat langsung dengan calon pembeli/pelanggan dalam hal transaksi jual beli.

Ini artinya reseller adalah seorang penjual. Sedangkan seorang affiliate, ia bukan seorang penjual. Ia tidak terlibat langsung menawarkan produk/jasa kepada calon pembeli/pelanggan. Affiliate hanya mempromosikan atau mengantarkan calon pembeli/pelanggan untuk membeli produk/jasa dari merchant. Setiap transaksi yang berhasil dari calon pembeli/pelanggan dengan merchant, seorang affiliate memperoleh bayaran atau komisinya.

Adapun endorse, meskipun memiliki kemiripan dengan affiliate karena sama-sama bukan seorang penjual dan hanya mempromosikan, tapi ada perbedaannya. Seorang endorse lazimnya hanya boleh atau diizinkan mempromosikan satu produk/jasa dari merchant. Sebaliknya, seorang affiliate boleh mempromosikan lebih dari satu produk/jasa. Bahkan, seorang affiliate sah-sah saja mempromosikan produk/jasa dari banyak merchant. Termasuk bebas menggunakan metode promosi apa saja untuk menggaet calon pembeli agar tertarik melakukan transaksi jual beli. Hal ini yang tidak dimiliki oleh seorang endorse.

Era Baru Affiliate Marketing
Perlu dipahami, affiliate marketing merupakan salah satu metode penjualan atau pemasaran (marketing) dari banyak metode lainnya. Ini artinya, affiliate marketing bukanlah metode baru apalagi revolusioner dalam dunia marketing. Metode ini sudah lama ada serta dipraktikkan. Hanya saja, affiliate marketing saat ini menjadi populer seiring dengan tumbuh pesatnya bisnis online.

Khusus di Indonesia, era baru bagi affiliate marketing menemukan momentumnya dengan kehadiran teknologi sosial media (sosmed) dan layanan berbagi video. Dua hal ini kemudian membuka peluang bagi siapa saja yang meski minim kemampuan maupun pengalaman marketing, atau bukan seorang publik figur (orang terkenal), tapi punya follower besar atau traffic pengunjung yang tinggi, ia bisa menjadi affiliate yang handal.

Tertarik ingin mendalami lebih jauh tentang dunia affiliate marketing? Semoga dengan terlebih dahulu memahami pengertian affiliate marketing dan hal-hal lain yang terkait dengannya, bisa menjadi pembuka kesuksesan bagi Anda di dunia ini. (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *