Kopontren Daarut Tauhiid, Wujud Konkret Wirausaha Pesantren

Kopontren atau Koperasi Pondok Pesantren merupakan badan usaha yang dimiliki hampir semua pondok pesantren di Indonesia, tidak terkecuali Daarut Tauhiid (DT). Kopontren DT berdiri pada tanggal 9 April 1994 dengan no izin 10999/BH/KWK.10-21, beralamatkan di Jalan Gegerkalong Girang Baru no. 4 Bandung.

Pendiri, pengurus, dan sivitas DT mendirikan kopontren ini dengan tujuan menjadi ahli zikir, ahli pikir, dan ahli ikhtiar dengan memberikan yang terbaik baik di dunia maupun akhirat. Dalam kerangka mengembalikan kejayaan dan kemuliaan Islam melalui program pengembangan dan pemberdayaan potensi ekonomi umat sebagai pilar ibadah. Serta memfungsikan diri sebagai khalifah, sekaligus menjadi misi dakwah yang progresif, prestatif, dan komprehensif.

Ada pun visi Kopontren DT yakni menjadi solusi ekonomi umat menuju kemandirian dan kemaslahatan bersama. Sedangkan misinya adalah menjalankan usaha berbasis syariah dan profesional, meningkatkan infrastruktur dan Sumber Daya Insani (SDI), memberdayakan potensi ekonomi anggota, serta menjalin kemitraan dengan penggerak dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Empat Divisi Usaha Kopontren

  1. Super Mini Market (SMM) DT.

Siapa pun yang pernah berkunjung ke DT, tentu tidak asing dengan tempat belanja ini. Letaknya sangat strategis, tepat di depan Masjid DT. SMM DT merupakan divisi usaha di bawah Kopontren DT yang bergerak di bidang perdagangan. Berdiri pada tahun 1993 dan memiliki izin usaha 510/046-IUTM/IV/2013. Saat ini SMM DT memiliki tiga bidang usaha yaitu SMM Swalayan, SMM Bookstore, dan SMM Fashion.

SMM memiliki nilai plus di antaranya menyediakan keperluan fashion muslim dan muslimah mulai dari kebutuhan ibadah sehari-hari hingga ibadah musiman (haji). Karena letaknya di lingkungan pesantren, SMM memperhatikan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya tentang keislaman (ahli pikir) dengan menyediakan aneka buku islami, berbagai CD, dan al-Quran.

  1. Cottage and MICE Daarul Jannah.

Merupakan bidang usaha jasa penginapan dan Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE). Cottage Daarul Jannah DT adalah penginapan di Bandung berkualitas hotel. Sebuah cottage eksklusif bernuansa islami dan alami yang berada di lingkungan pesantren.

Bangunannya berarsitektur bahan kayu menyerupai rumah tradisional khas Sunda berbentuk panggung, sedangkan bagian bawahnya berfungsi sebagai siklus udara. Cottage Daarul Jannah memberikan penawaran akomodasi berkualitas di distrik restoran, jalan-jalan, dan berbelanja di Bandung. Merupakan pilihan populer bagi para wisatawan bisnis dan plesiran.

  1. Trans-IT Daarut Tauhiid.

Merupakan bidang usaha penyedia jasa transportasi dan pemeliharaan jaringan komputer (IT). Trans-IT DT berdiri pada 21 Desember 2017 sebagai unit usaha terbaru dari Kopontren DT, bergerak di bidang penyediaan jasa transportasi (rental mobil), jasa perpanjangan STNK/pajak kendaraan bermotor dan servis komputer. Unit Trans-IT DT juga bergerak di bidang agency property.

  1. Baitul Mal wa Tamwil Daarut Tauhiid.

Baitul Mal wa Tamwil (BMT) DT merupakan unit usaha di bidang simpan pinjam dan pembiayaan syariah. Bertujuan membantu keuangan dan pembinaan pengusaha kecil (mikro) yang mengalami kesulitan mendapatkan kredit dari Bank. BMT DT berdiri pada 14 Juli 1994 dengan izin operasi PINBUK (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) dengan nomor 1009003/PINCUK/IV/96.

Produk BMT DT antara lain Simpanan Sirela, Simpanan Amanah, Simpanan berjangka, dan jenis-jenis pembiayaan yang sesuai syariah yakni murabahah, mudharabah, musyarakah, dan ijarah. (Ana) 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *