Lima Hikmah New Normal menurut Aa Gym

Segala sesuatu yang terjadi di muka bumi merupakan takdir yang telah Allah SWT kehendaki. Apa pun yang dialami seluruh mahluk bukan suatu kebetulan, melainkan sudah menjadi kodarat-Nya. Termasuk wabah Covid-19 yang melanda umat manusia saat ini. Bagi yang memiliki iman kuat bisa dikatakan ini menjadi suatu rahmat, namun bagi yang masih tersesat bisa jadi ini merupakan musibah atau bencana baginya.

“Wabah Covid-19 tergantung dari mana memandang dan menyikapinya. Kita sibuk mencari hal yang tidak enak dari wabah ini. Tapi kalau sibuk mencari sesuatu hikmah di balik semuanya, maka wabah ini akan luar biasa manfaatnya,” kata Pimpinan Daarut Tauhiid (DT), KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam kajian Dhuha yang diunggah di akun Youtube miliknya, Jumat (12/6).

Menghadapi situasi pandemi dan langkah new normal ini, Aa Gym mengatakan, perlu terus menjaga kewaspadaan dengan menjalankan protokol kesehatan dan aturan yang sudah dianjurkan pemerintah. Namun yang paling penting dalam menjalankan new normal yang paling utama dikedepankan adalah keyakinan terhadap Allah SWT.

“Perlu semakin ditingkatkan, memohon perlindungan pada Allah, karena Allah yang membuat virus ini tetap ada. Jadi hanya kepada-Nya kita meminta perlindungan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Aa Gym juga memberikan lima hikmah yang bisa dipetik saat new normal:

  1. Meningkatkan keyakinan kepada Allah Ta’ala. Yakin akan kebesaran-Nya, kekuasaan-Nya dan ketentuan-Nya. Saat ini dunia beserta isinya bertekuk lutut di bawah kuasa Allah Ta’ala. Makin yakin bahwa takdir Allah pasti terjadi.
  2. Semakin menyadari dan mengakui posisi kita sebagai hamba Allah yang tidak berdaya. Manusia dengan segala kepintaran, kekuasaan, kekayaan dan kehebatan yang dimiliki ternyata lemah ketika terjadi wabah.
  3. Mengatasi segala masalah yang terjadi saat ini dengan kebersamaan dan saling mendukung.
  4. Saatnya mengembangkan kepedulian sosial terhadap sesama, bersedekah dan membantu orang yang susah.
  5. New normal akan sukses jika memasuki fase disiplin dalam hidup. Islam merupakan agama yang disiplin dan kekuatan diberikan kepada orang yang disiplin.

“Itu yang bisa kita coba lakukan dalam kehidupan normal yang baru ini. Semoga kaum muslimin senantiasa mengingat Allah SWT. Sebab, kita tidak bisa menyelesaikan apa pun tanpa petunjuk, bimbingan, pertolongan dan perlindungan Allah,” jelasnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *