Unggahan Video Aa Gym Tolak Rasisme

Baru-baru ini isu perbedaan ras mencuat di Amerika Serikat (AS). Isu yang diawali kematian tragis George Floyd itu, semakin menggema di seluruh dunia. Dibuktikan dengan banyaknya kecaman masyarakat atas tragedi yang dilatarbelakangi rasisme tersebut.

Adanya perbedaan ras, etnis, agama dan lain menjadi sangat sensitif jika isu tersebut terus menerus diangkat ke permukaan agar terjadi konflik. Padahal, tak seharusnya perbedaan yang ada menjadi penghalang untuk bersikap baik dan rukun dengan sesama.

Hal tersebut juga mengundang perhatian Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT). KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), pada Rabu (3/6) lalu. Aa Gym mengunggah sebuah video yang menggambarkan seorang pria non muslim yang menceritakan kekagumannya terhadap sosok Nabi Muhammad saw. Dilansir dari akun Instagram @aagym, bagaimana digambarkan penjelasan tentang Rasulullah SAW dalam menyikapi perbedaan.

Dalam video, Nabi Muhammad merupakan orang pertama dalam sejarah yang dengan tegas menyatakan bahwa tidak ada orang yang berada di atas yang lainnya berdasarkan ras atau etnis.

Beliau mengajarkan tentang kesetaraan ras dan memperjuangkan keadilan bagi semua. Sebagaimana disampaikan dalam dakwahnya di Bukit Arafah pada tahun 632 Masehi, yang intinya adalah semua manusia berasal dari Adam dan Hawa.

Orang Arab tidak memiliki keunggulan dibandingkan orang non Arab. Dan orang non Arab juga tak memiliki keunggulan dibandingkan orang Arab. Juga orang yang berkulit putih tak memiliki keunggulan di atas orang yang berkulit hitam. Begitu pula orang hitam tidak memiliki keunggulan di atas orang yang berkulit putih. Semuanya sama kecuali dengan takwa dan perbuatan baik.

”Rasulullah menentang keras rasisme, di mana pada zamannya beliau menggalakkan aksi anti rasisme yang tentunya tak sama dengan aksi non rasisme. Dimana letak perbedaannya? Ketika seorang non rasis tidak secara terbuka menyuarakan pandangannya, maka ditafsirkan bahwa ia tak berusaha untuk menghilangkan bentuk rasisme ini di lingkungan masyarakatnya,” ujar pria tersebut dalam rekaman video yang diunggah Aa Gym. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *