Mengenal Pilar Sosial Kemanusiaan sebagai Program DT Peduli

Daarut Tauhiid (DT) Peduli sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) memiliki empat pilar program, salah satunya yakni Pilar Sosial Kemanusiaan. Pilar Sosial Kemanusiaan memiliki beberapa program di antaranya: Pertama, Layanan Sosial Kemasyarakatan merupakan kegiatan-kegiatan sosial untuk masyarakat dhuafa yang dijalankan secara periodik, rutin harian, dan insidental. Kegiatan tersebut berupa pemberian bantuan dana sosial, layanan kesehatan mustahik, difable care, bantuan sekolah, layanan ambulans pasien gratis, layanan ambulans jenazah gratis, jembatan umat, pengobatan gratis, donor darah, khitanan masal, dan lainnya.

Kedua, yakni Layanan Rescue dan Recovery sebagai kegiatan tanggap darurat untuk penanggulangan korban bencana banjir, longsor, dan lainnya. Tim Rescue DT Peduli akan diterjunkan langsung ke lokasi kejadian dengan beberapa program, antara lain evakuasi korban bencana, layanan kesehatan, pendirian dapur umum, pengadaan perangkat pembersih area, pengadaan air bersih sementara, trauma healing bagi orang dewasa dan anak-anak.

Sedangkan Layanan Recovery diberikan untuk memulihkan kembali kerusakan-kerusakan yang terjadi, seperti membantu mendirikan kembali sarana dan prasarana yang rusak (dari mulai jalan hingga sekolah), membantu pemulihan korban pascabencana, pemberdayaan ekonomi korban bencana. Ketiga, Peduli Kemanusiaan Dunia Islam, bentuk program ini antara lain Peduli Gaza Palestina, Peduli Suriah, Peduli Rohingya, Peduli Myanmar, Peduli Somalia.

Wujud Nyata Program Pilar Sosial Kemanusiaan

Hampir delapan bulan warga Kampung Cihanjuang, Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi mengalami kekeringan. Menurut data BMKG musim penghujan di Bekasi dan sekitarnya baru akan datang beberapa bulan lagi. DT Peduli bersama MT Zaynatussami’in akhirnya membuat sumur untuk warga.

Sebanyak 35 kepala keluarga atau sekitar 100 jiwa mendapatkan manfaatnya, sehingga warga tidak harus menunggu musim penghujan untuk mendapatkan air dan warga tidak lagi khawatir kekurangan air. Para warga pun menyampaikan terima kasihnya kepada DT Peduli dan MT Zaynatussami’in.

DT Peduli Lampung melalui kegiatan Jumat Berbagi memberikan paket sembako untuk Sali, seorang pria berusia 80 tahun yang Allah SWT berikan ujian dengan kelumpuhan kaki beliau. Sudah lama Sali mengidap penyakit stroke sehingga menyebabkan kedua kakinya lumpuh.

Sali merupakan merupakan sesepuh di desanya, tepatnya di Desa Sumber Rezeki Mataram. Sejak mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya sejak tahun 2018 lalu, kebutuhan sehari-hari ditanggung oleh anaknya. Sali mengungkapkan terima kasihnya dan mendoakan para donatur diberikan kesehatan dan dilancarkan dalam menjemput rezeki.

Wujud Nyata Peduli Kemanusiaan Dunia Islam

Pada bulan Ramadan, DT Peduli menggulirkan Program ‘Nraktir 4 Negara’ yang merupakan bentuk memuliakan dan membahagiakan mereka, yang menderita dengan memberikan menu makan berbuka puasa sepanjang Ramadan dan paket bingkisan menjelang hari raya. Keempat negara tersebut yakni Palestina, Suriah, Somalia, dan Rohingya.

Selain memberikan menu berbuka puasa dan bingkisan hari raya, DT Peduli pun menyelengarakan Program Qurban Unta untuk Palestina dengan menjalin kerja sama dengan NPC pimpinan Bang Onim. DT Peduli melaporkan telah mendistribusikan 71 ekor unta dari 706 muqorib pada tahun 2020. (Ana)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *