Mengenal Program Pesantren Virtual Daarut Tauhiid

Masa pandemi belum berakhir, sementara kebutuhan manusia terkait ilmu harus dipenuhi sebagai bekal menghadapi segala situasi dan kondisi. Dengan ilmu kita bisa menghadapi masalah apa pun. Ilmu agama memiliki peranan penting sebagai modal dalam menghadapi segala bentuk ujian dari Allah SWT.

Dari Muawiyah, Nabi saw bersabda, “Barang siapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari dan Muslim). Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsimin dalam Kitabul ‘Ilmi  mengatakan bahwa yang dimaksud faqih dalam hadis bukanlah hanya mengetahui hukum syar’i, tetapi lebih dari itu. Dikatakan faqih jika seseorang memahami tauhid dan pokok Islam, serta berkaitan dengan syariat Allah.

Pesantren Virtual Daarut Tauhiid

Menurut Mulyadi al-Fadhil selaku Direktur Pesantren DT, masa pandemi mengharuskan semua program pesantren dilakukan secara online, sehingga DT pun menggagas Program Pesantren Virtual (PPV). PPV memfasilitasi para peserta untuk bisa belajar meskipun jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi.

Visi dari PPV DT yaitu menjadi pesantren virtual berlandaskan tauhid menuju generasi ahli zikir, pikir, dan ikhtiar. Ada pun misinya pertama, program PPV ini terbuka untuk siapa saja. Kedua, tidak terbatas tempat dan waktu dengan menggunakan teknologi serta bisa mengajarkan tauhid dan nilai-nilai Islam.

Untuk outputnya, PPV DT memiliki dua capaian yaitu berkaitan dengan pendidikan diniyah/pesantren diniyah, mengajarkan tentang bagaimana memahami ilmu akidah, akhlak, dan fikih dasar. Sedangkan bagi yang sudah memiliki ilmu dasar, bisa mengikuti program lanjutannya. Lalu, dari sisi ilmu al-Quran, selain mempelajari ilmu al-Quran, dipelajari juga cara membacanya, cara pengucapan yang benar, dan bagaimana menghafalkannya. Program tahfidz Quran dilakukan secara online dengan menggunakan  metode virtual.

Program PPV

PPV DT merupakan upaya Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) memfasilitasi muslim yang ingin belajar ulumuddin (ilmu-ilmu agama) secara sistematis dan dapat dilakukan melalui rumah masing-masing. PPV DT memiliki program pembelajaran agama Islam, monitoring, serta konsultasi secara online selama 12 hari dengan tema pembelajaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan peserta.

PPV DT memiliki beberapa tujuan antara lain menyelenggarakan pendidikan formal dan pendidikan non formal untuk melahirkan santri yang bersih tauhidnya dan memiliki kemampuan entrepreneurship-leadership. Mendakwahkan ilmu tauhid agar lahir santri-santri berkarakter Baku (Baik dan Kuat) yang ahli pikir, ahli zikir, dan ahli ikhtiar.

Tema, Fasilitas, dan Media Pembelajaran

PPV DT menawarkan tema pembelajaran, antara lain:

  • ibadah makin khusyu dengan memahami ilmu fikihnya.
  • Akidah lurus dengan keimanan yang semakin meningkat.
  • Meraih air mata tobat.
  • Lebih dekat bersama Rasulullah saw.
  • Merencanakan kematian husnul khatimah.
  • Menuju pernikahan yang berkah dengan bekal persiapan menikah.
  • Manajemen rumah tangga guna membangun keluarga yang dirindukan surga.

PPV DT memberikan beberapa fasilitas untuk para pesertanya yakni materi pembelajaran, monitoring ibadah harian, halaqah al-Quran, mentoring serta konsultasi, dan e-sertifikat. Sedangkan untuk media pembelajaran, PPV menggunakan aplikasi WhatsApp, GoogleMeet, YouTube dan Zoom Meeting. (Ana)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *