Menjadi Kaya dengan Sedekah

Pasti semua orang ingin menjadi kaya, baik itu kaya hati, kaya ilmu maupun kaya harta. Bersedekah merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk kita menjadi kaya. Karena dengan bersedekah, berarti mendatangkan berkah bagi harta kita.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, Allah SWT berfirman, “Berinfaklah wahai anak Adam, niscaya Aku berinfak kepadamu.” (Muttafaq ‘Alaih). Maknanya adalah Aku (Allah) beri ganti yang lebih baik untukmu. Hadis ini selaras dengan firman Allah SWT:

وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Artinya: “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’[34]: 39).

Hadis ini mengandung perintah untuk bersedekah dalam kebaikan dan berinfak fisabilillah. Serta anjuran untuk bergembira dengan ganti dari kemurahan Allah SWT. Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, “Apa pun yang telah kalian infakkan di jalan yang sesuai dengan dengan perintah Allah, maka Allah akan menggantinya dengan pahala kelak di akhirat.”

Syaikh Fadhal Ilahi mengatakan, “Barang siapa menginfakkan rezekinya, berarti dia telah melakukan syarat datangnya rezeki pengganti. Dan barang siapa menahan hartanya dari infak, maka harta dunia pastilah akan habis. Orang yang menahan rezekinya dari infak, berarti dia belum menjalankan syarat untuk rezeki lain yang menjadi penggantinya.”

Sedekah merupakan sebab utama datangnya keberkahan dan dilipatgandakannya rezeki di dunia. Sedangkan di akhirat, Allah SWT akan memberi ganti dengan surga bagi siapa saja yang bersedekah di jalan-Nya.

Manfaat Sedekah

Selain mendatangkan keberkahan pada harta, sedekah pun memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Penghapus dosa. Manfaat sedekah akan semakin terasa apabila dijalankan dengan niat untuk bertobat sehingga akan lebih diterima Allah SWT.
  • Diberikan pahala dan imbalan berlipat ganda. Allah SWT menjanjikan akan mengganti sedekah kita dengan rezeki yang lebih besar.
  • Menghindarkan dari segala malapetaka. Rasulullah saw menyebutkan manfaat sedekah dapat menutup 70 pintu kejahatan dan bencana, serta musibah itu tidak bisa mendahului sedekah.
  • Membuat perasaan senang dan tenang. Pada saat kita memberi, timbul perasaan puas karena sebagai manusia bisa berguna bagi manusia lainnya.
  • Mendapatkan jaminan di hari akhir. Amalan sedekah akan menyelamatkan kita dari panasnya terpaan sinar matahari di hari kelak.
  • Ahli sedekah dapat terbebas dari siksa kubur. Ini karena dosa-dosanya telah dihapuskan dengan amalan bersedekah.
  • Memperpanjang usia seseorang.
  • Memperbanyak warisan di dunia dan akhirat.
  • Mengeratkan tali silaturahim.
  • Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Mudah Bersedekah dari Rumah

Donasi Online Daarut Tauhiid (DT) Peduli merupakan layanan untuk memudahkan berdonasi melalui website. Para donator atau muzaki dapat dengan mudah mengakses website DT Peduli dan memilih menu donasi yang dikehendaki. Beberapa menu donasi di dalamnya antara lain Kawasan Wakaf Terpadu Eco Pesantren 2, Musisi Hijrah Peduli Difabel, Bantu Korban Banjir Bandang Cicurug, dan lainnya.

Jumlah donasi terkini pun bisa diketahui dari website resmi milik DT Peduli tersebut. “Jangan pernah merasa malu ketika hanya mampu memberi sedikit untuk bersedekah, karena selalu ada kebaikan dalam berbagi, tidak peduli seberapa kecil yang kamu berikan.” (Ali bin Abi Thalib). (Ana)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *