Pebanyaklah Sudud, Mengejar Keinginan kita di Sepertiga Malam

[DAARUTTAUHIID.ORG]- Sholat tahajud adalah sholat yang sangat disukai Allah setelah sholat fardu. Maka mari perbaiki sholat tahajud kita, dimulai mempebaiki wudhu kita juga, kalau wudhunya jelek pasti sholatnya juga jelek. Kalau wudhunya sempurna maka sholatnya akan baik juga.

Kalau tahajud berikan dengan surat-surat yang terbauk, bacaan yang baik, termerdu, dengan tartil yang bagus, agar kita menikmati sholat tahajudnya. Bukan hanya menikmati Allah juga akan menerima dan membalas pahala yang terbaik. Gunakan moment tahajud sebagai moment untuk mencari ketenangan, memohon ampun kepada Allah, dan panjatkan doa yang terbaik kepada Allah.

Perbanyak sujud ketika sujud, minta dan memohon apa yang kita butuhkan kepada Allah. Selain itu, sujud merupakan waktu-waktu penghambaan berserah diri kepada Allah, maka itulah alasan kenapa sujud juga menjadi waktu tempat diijabahnya doa-doa seorang hamba, yang terpenting juga adalah bagaimana agar tetap fokus dalam sujud.

Tunaikanlah tahajud sesuai dengan kemampuan kita, tidak penting berapa banyak jumlah rakaat yang kita kerja, yang terpenting adalah kualitasnya. Diawali 2 rakaat juga tidak apa-apa tapi berkualitas dan memberikan yang terbaik dalam sholat kita, kemudian lakukan sholat tahajud dengan istiqomah. Memang tidak mudah untuk melakukannya, butuh tekad yang kuat untuk menunaikanya.

Manfaatkanlah sholat tahajud untuk berdoa, tidak hanya mendoakan diri sendiri tapi doakan orang tua dan orang lain, agar diberikan rezeki, hidup yang berkah, diberikan kesehatan, dilapangkan dalam kesempitan, dan dimudahkan dalam sesulitan. Pokoknya jangan lewat waktu tahajud tanpa doa, karena tahajud adalah waktu dimustajabkan doa. Dalam sebuah hadits disebutkan yang artinya:

”Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 1808)

Semoga Allah mudahkan kita dalam melaksanakan sholat tahajud, dibangunkan setiap sepertiga malam, dan dijadikan hamba-hamba yang dicintai oleh Allah Ta’ala. (KH. Abdullah Gymnastiar)

______________________

daaruttauhiid.org