Public Speaking for Kids; Mengasah Kemampuan Komunikasi Sedari Dini

[daaruttauhiid.org] – Ketika mendengar ‘public speaking’ pasti pikiran kita akan merujuk ke para pembicara unggul usia dewasa, bukan?

Kita lupa bahwa kemampuan berkomunikasi perlu dimiliki oleh siapa pun dan perlu dilatih dari usia dini. Bagaimana agar dari kecil, kita mampu mengkomunikasikan apa yang ada di kepala dengan baik dan benar. Menariknya bahwa di Al Quran dan Hadist pun sudah diatur mengenai tata cara berkomunikasi yang baik dan benar.

“Program Public Speaking for Kids ini sudah dilakukan selama bertahun-tahun oleh Daarut Tauhiid Event Organizer. Namun qadarullah, pandemi datang sehingga kami pun perlu untuk switching program offline menjadi online. Nah, Public Speaking for Kids merupakan sebuah program yang alhamdulillah biidznillah bisa diubah menjadi online”, ujar Ananda Ladeva Gumanti. S.Sos, Kepala Program DTEO.

Ladeva menambahkah, “Kami meyakini bahwa usia dini dari 8-12 tahun sangat perlu untuk mengasah kemampuan komunikasinya, yang dapat mudah diaplikasikan di kehidupan mereka sehari-hari. Ditambah saat ini setiap murid di sekolah dituntut untuk mampu presentasikan beberapa mata pelajarannya. Belajar public speaking for kids di DTEO bisa menjadi jalan mengasah kemampuan mereka tersebut.”

Di bulan November 2021, Public Speaking for Kids sudah memasuki batch yang ke-8 yang diikuti oleh para peserta yang berasal dari seluruh Indonesia, dari pulau Jawa hingga Kalimantan.

“Formula Public Speaking for Kids kami buat berbeda antara online dengan offline. Kelas ini kami bagi menjadi 4 kali pertemuan, dari pembahasan dasar apa itu public speaking, cara berkomunikasi yang baik dan benar serta kami pandu juga dengan beberapa video serta games online yang mampu menstimulus kemampuan para peserta,” jelas Kak Nur Wakhidrrohman., SESy., MCHC., MCHT sebagai Tutor Public Speaking for Kids.

Salah satu peserta yang mendapatkan manfaat dari kelas ini adalah Gendis, peserta Public Speaking for Kids Batch 7. “Alhamdulillah perkembangan yang paling terasa dari Gendis setelah mengikuti kelas ini adalah bertambahnya rasa percaya dirinya saat berbicara di depan umum,” ujar Bunda Gendis.

Alhamdulillah meskipun kegiatan ini berlangsung secara online, value-value utama dari DTEO tetap mampu teraplikasikan dalam setiap kegiatan. “Value utama yang kami tawarkan di program Public Speaking for Kids ini adalah memperkenalkan ajaran Al Quran dan Hadist mengenai komunikasi yang baik dan benar, plus juga teori-teori komunikasi yang applicable bagi para peserta,” tambah Ananda Ladeva Gumanti S.Sos.

Selain diperuntukkan untuk anak-anak usia 8-12 tahun, program Public Speaking ini juga diperuntukkan bagi para siswa SMP hingga SMA.

“Kami berusaha terus meningkatkan kualitas kelas setiap batchnya dan juga membuat diversifikasi kurikulum baik untuk kids maupun teens,” jelas Kak Nur Wakhidrrohman., SESy., MCHC., MCHT.

Tertarik ingin mendaftarkan buat hati ke kelas ini?

Silahkan klik link Instagram Daarut Tauhiid Event Organizer bit.ly/tanyadteo

CS DTEO di 0852 8910 1111

 

Bagi Jama’ah sekalian yang tertarik untuk berkontribusi terhadap syiar dakwah dan wakaf untuk pembangunan sarana ibadah & belajar santri, bisa menyalurkannya melalui rekening beikut:

Bank Syariah Indonesia (BSI) 9255.373.000 an Yayasan Daarut Tauhiid

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *