RPY DT Jadi Jalan Keberkahan Bagi Umat

Sudah sepuluh tahun lebih, Daarut Tauhiid (DT) memiliki Program Peduli Yatim. Program tersebut dikelola oleh Lembaga Zakat Nasional (Laznas) DT Peduli, dan pelaksana programnya yaitu Yayasan DT Berdaya. Sejak berdiri pada Tahun 2006 lalu, program tersebut bernama Rumah Keluarga Daarul Ihya. Asramanya pun masih berpindah-pindah.

Pada Tahun 2009, namanya berubah menjadi Rumah Peduli Yatim (RPY), dan mulai memiliki asrama di Jalan Sariwangi Asri VI, No. 11, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.
Kamaludin Zaman, Supervisor RPY mengatakan, awalnya Program RPY merupakan program pengasuhan terhadap anak yatim, dhuafa, dan anak Jalanan. Namun ternyata, adanya anak-anak jalanan yang ikut dalam program tersebut, membuat suasana jadi tidak kondusif. Katanya, pemikiran anak-anak jalanan, orientasinya bukan lagi pendidikan, melainkan uang. Setelah segala upaya dilakukan, akhirnya anak-anak jalanan itu dikembalikan lagi ke tempat asalnya.

Alhamdulillah untuk saat ini Program RPY hanya difokuskan untuk anak-anak yatim dan dhuafa. Sementara saat ini santri yang bermukim sebanyak 22 santri, yang berasal dari daerah yang ada di Jabar (Jawa Barat). Bahkan hingga saat ini, RPY akan terus melakukan penambahan santrinya, karena rencananya akan dibuatkan Pesantren Anak Yatim,” paparnya pada Rabu, (24/4).

Para Santri RPY juga menempuh pendidikan formal di sekolah umum. Sedangkan di asrama, mereka mengikuti program tahfiz al-Quran, memanah, berkuda, camping, dan olahraga lainnya, yang membentuk mereka memiliki Karakter BAKU (Baik dan Kuat). Karakter Baik yang dimaksud ialah jujur, ikhlas, tawadhu. Sedangkan Karakter Kuatnya ialah berani, tangguh, dan mandiri.

Jika sahabat ingin mendaftarkan anaknya atau keluarga yang layak dibantu, silakan datang langsung ke Asrama. Kesejahteraan Santri RPY merupakan salah satu ladang amal bagi semua. Jika ingin berdonasi, silakan transfer melalui BNI SYARIAH, dengan nomor rekening 8200370000, Atas Nama Yayasan Daarut Tauhiid Peduli. Informasi selengkapnya silakan hubungi Call Center RPY: 0813-1408-1313. (Yuga Hassani)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *