Rumah Tangguh Harapan Negeri Bangkitkan Harapan Penyintas Gempa Mamuju

Mamuju – DT Peduli bersama Bakrie Amanah dan Baitul Maal Muamalat meresmikan 75 rumah Recycle House program Rumah Tangguh Harapan Negeri. Peresmian dilaksanakan secara daring dan luring di Kelurahan Galung, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, pada Ahad (1/8/2021).

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5,9 magnitudo dan 6,2 magnitudo mengguncang Mamuju pada pertengahan Januari 2021 lalu. Selain merenggut korban jiwa, dua gempa berturut-turut tersebut juga mengakibatkan 15 ribu rumah rusak berat dan 91 ribu warga harus mengungsi.

Direktur Program DT Peduli, Fahrudin, menjelaskan sebelum membangun kembali rumah warga yang hancur, DT Peduli berupaya membantu para penyintas gempa Mamuju melalui program tanggap darurat. Menurutnya, respon darurat penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mendesak warga terdampak.

“Ada layanan tanggap darurat medis, bantuan logistik, pembangunan MCK umum, dan dukungan psikososial,” jelasnya pada Selasa (3/8).

Adapun recycle house, lanjut Fahrudin, merupakan program kerja sama antara DT Peduli, Bakrie Amanah, dan Baitul Maal Muamalat untuk membangun kembali rumah para terdampak gempa Mamuju. Pembangunan rumah dilakukan dengan konsep recycle house atau memanfaatkan bahan-bahan material yang masih bisa dimanfaatkan dengan menambah material baru dan bentuk bangunan baru.

“Mengapa disebut recycle house, karena memang rumah ini dibangun dari reruntuhan rumah-rumah mereka sebelumnya. Rumah ini tentu saja dibangun atas kerja sama semua pihak, termasuk para penerima manfaat rumah ini,” jelas Fahrudin.

Masih menurut Fahrudin, program rumah ini merupakan awal kebangkitan para penerima manfaat baik dari sisi ekonomi maupun pemberdayaannya. Ia juga berharap, kehadiran program Rumah Tangguh Harapan Negeri ini dapat membangkitkan harapan para terdampak, khususnya para penerima manfaat program.

Peresmian dihadiri langsung sejumlah pejabat daerah setempat, sedangkan secara daring dihadiri perwakilan setiap lembaga. Peresmian ditutup langsung oleh doa dari Pembina Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

“Alhamdulillah, berkat kerja sama semua pihak dan pertolongan dari Allah SWT, pada Ahad 1 Agustus 2021 telah diresmikan recycle house di Mamuju, Sulawesi Barat. Saya atas nama DT Peduli mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah dengan ikhlas menyisihkan sebagian hartanya untuk pembangunan rumah di Mamuju. Mudah-mudahan segala amal saleh dan kerja keras lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan DT Peduli dicatat Allah SWT sebagai amal jariyah yang terus mengalir,” ujar Fahrudin. (Astri)

 

Red: WIN

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *