SD DT Ikuti Seminar & Desiminasi Penelitian Studi Komparatif Pedagogi

Pada Kamis (15/10), Sekolah Dasar Daarut Tauhiid (SD DT) mengikuti Seminar & Desiminasi Penelitian Studi Komparatif Pedagogi Pendidikan Dasar Berbasis Multiliterasi dan KBBT/HOTS, antara UPI dan IPG KIK Kuala Lumpur. Acara berlangsung pada pukul 09.00 hingga 11.30 WIB, bertempat di Aula SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri.

Pada seminar ini, narasumber yang memberikan materi lebih dari satu orang, yaitu Risma Nuriyanti, M.Pd, Lili Fajrudin, M.Pd, Yoesrina Novia V.S., S.Pd, Rajji Koswara Adireja, M.Pd, Prof Tatat Hartanti, M.Ed., Ph. D, Bagja Dani Magribi, S.Pd, Dri Pupun Nuriyani, M.Pd, Rahmat Sutaedi, M.Pd, Nuri Annisa, M.Pd, dan Anggi Citra Apriliani, M.Pd.

“Jadi dengan adanya seminar ini untuk menekankan pada multiliterasi yang terintegrasi dengan HOTS (High Order Thinking Skills) dan salah satunya menggunakan media pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathemathic),” ujar Rajji Koswara Adireja, salah seorang narasumber seminar.

Menurut Dr. Pupun, yang juga narasumber seminar, dengan adanya media multiliterasi melalui media pembelajaran dengan kartu bergambar, bertujuan meningkatkan kolaboratif/kerja sama, sehingga siswa dapat menganalisis gambar kemudian berpikir kritis, dan kemudian memahami pesan moralnya.

Di waktu yang sama, Qory Anwar, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan SD DT mengatakan tujuan seminar dalam kaitannya dengan kemampuan para guru di SD DT.

“Seminar ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan pedagogi guru SD, maka SD DT bekerja sama dengan SPS UPI mengadakan seminar ini,” ujarnya

Kegiatan seminar ini diikuti beberapa guru dari SD DT, terdiri dari wali kelas, guru tahfidz, Kepala Tata Usaha, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, dan Kepala Sekolah. (Taufik)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *