Sekilas Program Pesantren Mahasiswa Virtual Daarut Tauhiid

Mahasiswa punya peranan penting dalam sejarah Indonesia. Mahasiswa sebagai aktor utama sebuah peradaban tidak bisa dipisahkan dari peranannya sebagai agen perubahan maupun sosial kontrol. Cara berpikir yang idealis dan kritis menjadi modal dasar untuk kedua peran tersebut.

Sebagai agen perubahan tentu hakikatnya mampu mengubah dirinya sendiri. Bagaimana bisa seorang mahasiswa mengubah bangsa jika dirinya jauh dari kebenaran. Jauh dari yang Mahabenar.

Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ

وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ     

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS. at-Tahrim [66]: 6).

Syekh Muhammad Naquib al-Attas selaku pemikir Islam menjelaskan, konsep terbaik dalam upaya membangun peradaban adalah dengan membangun individu-individu yang baik (saleh). Bukan dengan membangun komunitas. Hal ini disebabkan karena komunitas adalah kumpulan individu. Ketika mayoritas individunya baik, maka komunitas itu akan baik.

Program Pesantren Mahasiswa Virtual DT

Program Pesantren Mahasiswa Virtual Daarut Tauhiid (PPMV DT) merupakan program yang diadakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid (DKM DT) untuk para mahasiswa. Program Pesantren Virtual Mahasiswa DT memiliki tujuan, antara lain:

  1. Menjalankan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya untuk mendidik dan menyiapkan generasi muda Islam yang kuat, unggul, dan berkualitas.
  2. Memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa muslim dan muslimah yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu-ilmu syar’i.
  3. Membina mahasiswa muslim dan muslimah agar memiliki akidah yang lurus, ibadah yang benar, dan akhlak mulia.
  4. Mengkader generasi muda mahasiswa sebagai agent of change dan dai/ah Rabbani yang penuh kemanfaatan bagi lingkungan, baik keluarga, kampus dan masyarakat sesuai bidang serta minatnya masing-masing.
  5. Memfasilitasi mahasiswa muslim dan muslimah yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT sesuai dengan petunjuk al-Quran dan as-Sunnah.
  6. Membentuk mahasiswa yang memiliki kecerdasan komprehensif, baik kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emotional (EQ), maupun kecerdasan spiritual (SQ) melalui pembelajaran ilmu agama dan bahasa.

Materi Program

PPMV DT berlangsung selama lima bulan khusus mahasiswa di seluruh Indonesia. Ada pun materi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang diajarkan antara lain akidah/tauhid, Manajemen Qalbu, fikih ibadah, al-Quran, bahasa Arab dengan metode mustaqilli dan bahasa Inggris (Kampung Inggris Madany).

Sedangkan materi pembiasaan terdiri dari salat fardhu tepat waktu, qiyaumul lail, salat dhuha, saum sunnah Senin-Kamis, tilawah al-Quran, zikir pagi dan petang, sedekah/infak, TSP, BRTT, dan Bebas Komiba.

Fasilitas Program

Setiap santri Program Pesantren Virtual Mahasiswa DT akan mendapatkan beberapa fasilitas, antara lain untuk kemampuan berbahasa Inggris, live Zoom Meeting for TOEFL Class, TOEFL Prediction TEST, free konsultasi aplikasi beasiswa dan persiapan wawancara untuk alumni. Sedangkan untuk kemampuan bahasa Arab yakni mahir membaca teks gundul beserta artinya, mahir menerjemahkan (Indonesia-Arab, Arab-Indonesia), mahir membuat kalimat dasar dalam bahasa Arab, mahir percakapan bahasa Arab Dasar 2, dan lainnya. (Ana)

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *