Santri PPMV: Belajar Bahasa Arab Mudah dan Menyenangkan

Santri Program Pesantren Mahasiswa Virtual (PPMV) pada Rabu (14/10) mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Kegiatan dimulai pukul 20.00 WIB dan berakhir pukul 21.50 WIB. Bahasa Arab merupakan salah satu materi yang diberikan kepada santri PPMV dengan menggunakan metode mustaqilli. Diajarkan langsung oleh Direktur Program Syaamil Arabic Mustaqilli, Ustaz Firman Afifudin Saleh.

Kemal Fahrul Rozi selaku host atau pembawa acara pada malam itu mengatakan peserta yang menghadiri kelas berjumlah 30 orang. Terdiri dari 9 ikhwan (laki-laki) dan 21 akhwat (perempuan). Ada pun tema yang dibahas mengenai ilmu bunyi, nama dan bentuk dari tanda baca panjang.

“Alhamdulillah kelas bahasa Arab PPMV malam ini berjalan lancar, seperti biasa Ustaz Firman menyampaikan materi dengan menyenangkan dan mudah dipahami. Karena sesuai dengan moto dari metode mustaqilli yaitu cepat, mudah, menyenangkan, dan sistematis,” ujar Kemal.

Daris, salah seorang santri mengungkapkan lebih rinci mengenai pembelajaran bahasa Arab pada pertemuan ke-10 ini.

“Ustaz Firman mengawali pembelajaran dengan mengulang materi-materi sebelumnya menggunakan power point, dan dilanjutkan materi harokat panjang menggunakan papan tulis virtual. Setelah itu ustaz mengajak komunikasi terkait materi dengan para santri dan menanyakan satu persatu cara membaca huruf hijaiyah dengan harokat panjang. Kami sangat antusias dengan pola pembelajaran ustaz yang interaktif sehingga mudah dipahami dengan baik,” kata Daris. (Angga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *