SMA DTBS Putri Adakan Simulasi Bencana

Memberikan pemahaman menanggapi bencana kepada generasi muda sangatlah penting. Apalagi Indonesia memiliki potensi besar untuk terjadi bencana setiap saat. Baik itu bencana alam berupa banjir, tsunami, gempa bumi, gunung meletus, dan bencana yang tidak terduga seperti kebakaran dan kecelakaan.

Untuk itu, SMA Daarut Tauhiid Baording School (DTBS) Putri pada Jumat (16/2), bekerja sama dengan Satguna DT memberikan berbagai materi dan pelatihan cara menanggulangi bencana pada saat darurat bertema Tanginas (Tanggapi bencana dengan siaga).

Setelah salat Jumat, Satguna DT mulai memberikan materi kepada santri SMA DTBS Putri di asrama Daarun Nisa. Kegiatan ini bukan sekadar materi, tapi juga diaplikasikan dengan praktik lapangan, Yakni memberikan simulasi berupa api unggun dan cara memadamkannya dengan menggunakan karung goni yang telah dibasahi.

Anisa, salah seorang musyrifah santri SMA DTBS Putri menuturkan, pelatihan ini bukan hanya mengajarkan kepada santri agar mampu menanggulangi bencana, namun juga melatih keberanian dan kepedulian terhadap lingkungan, dengan menanamkan karakter Baik dan Kuat (Baku) pada setiap santri.

“Kegiatan ini bagus sekali, karena selain mengajarkan cara menanggulangi bencana juga mengajarkan keberanian. Kita jadi tahu kalau terjadi bencana apa yang harus kita lakukan. Jadi tidak boleh panik, tapi langsung mencari cara untuk menyelamatkan diri. Kayak memadamkan api seperti ini kan butuh keberanian,” ujar Anisa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *