Talaqi One Day One Ayat, Cara Asik Belajar Iqro

Rabu (3/2), melalui media Video Call dan Voice Note santri kelas Iqro Kids memulai kegiatan belajarnya. Kegiatan juga dilanjutkan dengan tahfiz al-Quran mulai dari Surah al-Kafirun beserta artinya. Metode yang digunakan oleh Ulfi, wali kelas Iqro Kids yaitu dengan metode menghafal Quran beserta artinya satu hari satu ayat.

MDTA Eco Pesantren memilih al-Quran sebagai pendekatan pertama yang diajarkan pada kelas Iqro Kids, yaitu jenjang kelas dengan santri anak usia dini atau anak usia pra-sekolah. Hal ini merupakan upaya pendidikan  yang mengacu pada fitrah pada setiap anak. Pemberian lingkungan positif seperti itu juga merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh otak.

Menurut Ulfi, memang bukan hal mudah membimbing para santri yang masih belajar huruf hijaiyah untuk memulai menghafal Quran. Tapi dengan tidak memaksa, pendekatan al-Quran menjadi lebih mudah.

“Alhamdulillah karena pendekatan pembelajaran al-Quran satu hari satu ayat ini dilaksanakan setiap hari kepada santri. Kini santri kelas Iqro Kids sudah hafal Surah al-Kafirun beserta artinya,” ujar Ulfi.

Ulfi melanjutkan, pembinaan akhlak juga dilaksanakan dengan menerapkan kurikulum karakter BAKU Daarut Tauhiid (DT). Karakter jujur menjadi target pembinaan akhlak para santri pada periode kali ini. Melalui pengenalan dan menghafal hadis tentang jujur, para santri menjadi mengerti pentingnya kejujuran bagi kehidupan sehari-hari.

“Pembiasaan baik yang tak kalah penting adalah membiasakan para santri untuk infak cinta masjid setiap hari. Manfaatnya agar mereka kelak terbiasa berbagi dan mencintai masjid,” pungkas Ulfi. (Itis)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *