Terima Hibah, DT Batam Bangun Budidaya Ikan Lele Bioflok

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Provinsi Kepulauan Riau memberikan dana hibah kepada Pesantren Daarut Tauhiid (DT) Batam. Dana hibah tersebut digunakan untuk membangun tambak budidaya ikan lele bioflok.

Dibangun di Kawasan Wakaf Terpadu DT Batam, yang berlokasi di Jalan Trans Barelang,Tembesi, Kota Batam, sampai dengan akhir November ini, pengerjaannya sudah memasuki proses pengecoran tambak dengan persentase 80 persen.

Aisyah, Kepala Kantor DT Batam mengatakan, pembangunan tambak ini ditargetkan selesai pada awal Desember. Nantinya, budidaya ikan lele ini akan dikelola oleh lembaga Wakaf Produktif DT bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan (Dirdik).

“Alhamdulillah, target tambak lele bioflok ini mulai dikelola perkiraan awal Desember. Wakaf Produktif DT bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan yang akan mengelolanya,” jelas Aisyah, Jumat (27/11).

Aisyah juga menuturkan, budidaya ikan lele ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi Pesantren DT Batam. Termasuk sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk siswa.

“Alhamdulillah semoga dengan adanya budidaya lele ini ke depannya Pesantren DT Batam bisa lebih meningkatkan kemandirian dalam usaha untuk pengembangan penguatan ekonomi pesantren. Dan dengan adanya budidaya lele dengan sistem bioflok ini, juga bisa menjadi media praktik pembelajaran untuk para santri,” pungkas Aisyah. (Gian)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *