Kawasan Wakaf Terpadu Daarut Tauhiid

Wakaf Daarut Tauhiid (DT) menggulirkan konsep Kawasan Wakaf Terpadu DT, yakni konsep pengelolaan wakaf secara produktif dan terpadu dalam satu kawasan. Tujuannya untuk meningkatkan kemanfaatan lebih dari aset-aset wakaf bagi kesejahteraan umat.

Pengelolaan wakaf secara produktif memiliki dua makna. Pertama, makna produktif secara umum, yakni pengelolaan aset wakaf untuk dimakmurkan oleh berbagai kegiatan, baik komersil maupun sosial. Kedua, makna produktif secara khusus, yaitu pengelolaan aset wakaf secara komersil dan sosial-komersil untuk optimalisai aset wakaf.

Aset-aset wakaf dibangun untuk memenuhi lima bidang kebutuhan umat, yang kemudian dijadikan lima bidang wakaf oleh Wakaf DT. Kelima bidang wakaf tersebut adalah Wakaf Sarana Dakwah, Wakaf Media Dakwah, Wakaf Sarana Dasar (Sadar) Pendidikan, Wakaf Sarana Kesehatan, dan Wakaf Ekonomi Produktif. Kelima bidang tersebut berpadu dalam satu kawasan sehingga disebut Kawasan Wakaf Terpadu DT.

Lima Bidang Wakaf
Wakaf Sarana Dakwah merupakan wakaf pembangunan, pengadaan, dan pemeliharaan sarana dakwah meliputi pembangunan Masjid DT, fasilitas pesantren dan pemeliharaannya, serta Wakaf al-Quran. Di tahun 2019 ini, Wakaf DT menggulirkan Wakaf Masjid 3 in 1, Wakaf Masjid Lintas Batam, Wakaf Menara SSG, dan Wakaf Graha Daarut Tarbiyah.

Berbeda dengan Wakaf Sarana Dakwah, Wakaf Media Dakwah merupakan pembangunan dan pengadaan media untuk berdakwah. Wakaf Media Dakwah meliputi wakaf radio, wakaf TV, dan wakaf peralatan Mmdia. Sedangkan Wakaf Sadar Pendidikan adalah, wakaf pembangunan sarana dasar pendidikan formal Daarut Tauhiid.

Di 2019 Wakaf DT sedang membangun berbagai sarana dasar pendidikan yang menjadi turunan program dari Wakaf Sadar Pendidikan. Ada pun program-program tersebut adalah Wakaf Gedung Serbaguna Pendidikan DT di Eco Pesantren, Wakaf Asrama dan RKB Serua di Serua, dan Wakaf RKB dan Asrama di Batam.

Untuk Wakaf Sarana Kesehatan, Wakaf DT menggulirkan Wakaf Rumah Sakit DT yang akan dibangun di Eco Pesantren. Secara umum, Wakaf Sarana Kesehatan merupakan wakaf sosial-produktif pembangunan Rumah Sakit DT, Klinik DT, dan Apotik DT. Tujuannya, untuk memberikan akses kesehatan berkualitas dan islami.

Wakaf Ekonomi Produktif, yang sudah menjadi ciri khas DT, merupakan wakaf pembangunan dan pengelolaan aset wakaf secara komersil untuk memberdayakan ekonomi umat dan optimalisasi aset agar memiliki manfaat lebih. Wakaf pembangunan asrama yang lengkap dengan parkir serta foodcourtnya menjadi salah satu program Wakaf Ekonomi Produktif yang digulirkan.

Kawasan Wakaf Terpadu DT sebenarnya sudah dilakukan sejak DT berdiri di Gagerkalong, Kota Bandung, tempat kelahiran DT. Kawasan ini kemudian diduplikasi di tempat lain, yakni Eco Pesantren DT di Parongpong Kabupaten Bandung Barat dan Wakaf DT Jakarta di Cipaku, Jakarta dan Serua, Tangerang.

Untuk menebar kebaikan dan lebih banyak manfaat ke pelosok negeri, Kawasan Wakaf Terpadu DT juga diduplikasi di daerah lain di Indonesia. Saat ini, Kawasan Wakaf Terpadu DT juga dibangun di Batam dan Lubuklinggau. (Agus Iskandar)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *