Aa Gym: Berharap Hanya kepada Allah

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) senantiasa aktif memberikan tausiah terkait wabah Covid-19. Melalui akun YouTubenya, Aa Gym menyampaikan agar jamaah tetap tabah dan tidak berharap kepada selain Allah SWT.

Aa Gym mengatakan sebagai manusia, kita harus terus berupaya meningkatkan tawakal hanya kepada Allah di tengah pandemi saat ini. Aa Gym menjelaskan berharap kepada Allah akan memberikan banyak peluang dan kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

“Hanya kepada Allah SWT kita berharap dan berlindung di tengah wabah ini. Hanya Allah yang mampu mencabut dan memberhentikan penyebaran virus ini, dan atas izin-Nya pula virus ini berhenti dan menghilang. Lalu, menjaga harapan kepada Allah melalui apa? Yakni dengan terus bertawakal dan melakukan hal-hal yang terbaik,” ujarnya melalui akun YouTube, Rabu (1/4).

Aa Gym menyebutkan hanya orang yang celaka dan bodoh berharap pada makhluk Allah. Menurutnya, berharap pada makhluk hanya akan dibayang-bayangi oleh kekecewaan dan harapan semu. Sudah sepatutnya kita sebagai manusia meningkatkan ikhtiar untuk bergotong-royong meningkatkan kewaspadaan atas pendemi ini, namun tanpa melepaskan ketawakalan kepada Allah.

“Berharap pada manusia hanya meraih kekecewaan. Kita tahu hari ini banyak dokter dan perawat yang berhasil merawat para pasien sehingga sembuh. Tapi apakah sembuh itu datang dari mereka? Bukan, tentu atas izin Allah dan doa yang dipanjatkan. Artinya apa, kita harus bisa mengolaborasikan antara ikhtiar dan pegangan yang kuat (iman) kepada Allah. Yakin semua bisa dilalui dengan sempurna,” pungkasnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *