Aa Gym Daily: Sikap Terbaik ketika Ada yang Menghina

Situasi yang belum kondusif karena pandemi, membuat media sosial digunakan sebagai tempat membagikan informasi akan perkembangan terkini. Namun tak jarang warganet menyajikan komentar yang tidak baik. Selain tidak menyelesaikan masalah, malah sebaliknya menambah masalah.

Hal ini disampaikan Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) melalui YouTube Aa Gym Daily Vlog, Senin (11/1). Aa Gym mengingatkan agar berhati-hati bersikap.

“Aa pernah dikirim video oleh salah orang sahabat. Dia ingin tahu komentar Aa. Karena video itu berisi yang menghina Aa. Lalu Aa jawab, orang di video itu tidak berbicara. Sahabat ini terkejut, kok bisa? Aa jawab karena Aa tidak menyalakan videonya,” ujar Aa Gym.

Sikap unik yang ditunjukkan Aa Gym untuk mengingatkan agar tidak mendramatisir masalah. Karena menurutnya, jika mengikuti dan apalagi membalas komentar maka akan terus berlanjut, dan masalah pun timbul serta tidak terselesaikan.

“Untuk apa melukai hati kita sendiri. Karena hati kita bisa terluka akibat sengaja membaca, mendengarkan, dan menyaksikan apa yang kita lihat. Kita harus dengarkan masukkan, itu bermanfaat. Tapi kalau hanya menimbulkan emosi dan tidak ada manfaat untuk kita, untuk apa,” ujarnya.

Aa Gym juga memberikan saran agar senantiasa bersikap positif. Bersandar kepada Allah dan tidak mendahulukan emosi. Karena menurutnya ada hal yang lebih bermanfaat dibanding memikirkan komentar yang tidak baik tentang kita. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *