Baitul Quran DT Selenggarakan Seleksi Penerimaan STQ Weekend Angkatan 7

Unit Baitul Quran (BQ) Pesantren Daarut Tauhiid (DT) menyelenggarakan kegiatan Seleksi Penerimaan STQ Weekend angkatan 7 secara daring, Selasa (12/1). Seleksi ini bertujuan sebagai bentuk standarisasi program. Ada pun seleksi yang dilaksanakan di antaranya tes bacaan al-Quran dan wawancara.

Pada periode Januari-Maret 2021 ini, tercatat sebanyak 67 santri STQ Weekend Lanjutan yang telah melaksanakan registrasi ulang sebelumnya sejak penutupan STQ Weekend Oktober-Desember 2020, dan 36 calon santri baru yang diseleksi. Hasil seleksi ini nantinya akan disampaikan dan diumumkan melalui media sosial Baitul Quran maupun Yayasan DT.

Sigit Bayu Anggoro, Kepala Unit Baitul Quran dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seleksi ini harus tetap menjadi jalan bersyukur kepada Allah atas karunia waktu yang telah diberikan.

“Seorang mukmin pasti tahu bahwa hidupnya ini terbatas. Waktunya singkat. Hidupnya hanya sekali, maka selayaknya kita bersyukur karena telah dipilih Allah, dimudahkan Allah, dan diberi kesempatan oleh Allah dalam aktivitas bersama al-Quran. Aktivitas yang bisa jadi jalan dekat dengan Allah, bekal pulang kepada Allah,” ujar Sigit.

Terlebih saat ini, kata Sigit, kita semua sedang banyak diuji dengan pandemi dan beberapa musibah. Terbaru, tragedi Sriwijaya Air SJ182 dan tanah longsor di beberapa daerah.

“Karena kematian tidak mengenal usia, waktu, tempat, sehat dan sakit, maka seharusnya kita bisa memanfaatkan waktu ini dengan aktivitas-aktivitas terbaik yang disukai Allah. Salah satunya dengan al-Quran,” lanjutnya.

Ungkapan serupa juga disampaikan oleh Pramita, salah seorang santri STQ Weekend ketika ditanya motivasinya. Selain ingin menjadi jalan kebahagiaan kedua orangtuanya di dunia dan akhirat, Pramita juga berharap dapat memanfaatkan waktunya dengan memperbanyak amal saleh.

“Saya merasa malu dan takut ketika ternyata amanah usia yang saya gunakan ini tidak diisi dengan banyak-banyak beramal untuk bekal akhirat, salah satunya dengan menghafal Quran. Alasan apakah yang kelak akan saya sampaikan kepada Allah ketika dihisab? Semoga saya dapat mencintai dan membersamai al-Quran dan Allah rida,” katanya.

Selain Pramita, Devi yang merupakan santri dari Cianjur turut menyampaikan harapannya. “Semoga al-Quran dapat menjadi sahabat dunia akhirat saya, dan menjadi hadiah terbaik untuk kedua orangtua saya di akhirat nanti,” ujarnya.

Setiap tahun, BQ DT melaksanakan Program STQ Weekend sebanyak tiga periode; Januari-Maret, Juli-September, dan Oktober-Desember. STQ Weekend merupakan perubahan nama dari program BQ sebelumnya, yakni STQ Non Mukim. (Tuqo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *