Aa Gym: Hidupkan Masjid di Rumah, Luar Biasa Berkah

Pimpinan Pondok Pesantren Darut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dalam laman Facebook dan akun Youtube milikinya, menuturkan hikmah dari adanya Pandemi Virus Corona di Bulan Ramadan. Penutupan masjid yang menyebabkan masyarakat tidak bisa beribadah bersama di bulan Ramadan membuka kesempatan bagi Umat Islam untuk lebih memfokuskan ibadah di rumah.

Aa Gym mengimbau masyarakat untuk menjadikan rumah sebagai masjid tempat beribadah, sehingga akan mendapat berkah lebih. Pandemi Virus Corona yang tengah merebak di Bulan Ramadan telah mengganggu aktivitas peribadahan masyarakat di Indonesia. Pasalnya, demi mencegah potensi penyebaran virus di antara umat, pemerintah telah menutup sejumlah tempat ibadah. Tak terkecuali masjid-masjid yang menjadi lokasi menunaikan ibadah bagi umat Muslim.

Padahal dengan tibanya bulan Ramadan, Umat Islam menjalankan ibadah puasa, sehingga biasanya banyak aktivitas bersama yang diadakan di masjid. Kegiatan seperti Salat Tarawih berjamaah dan Salat Subuh setelah sahur, menjadi momen yang dinanti masyarakat.

Namun pada tahun ini, semua kegiatan tersebut terpaksa ditiadakan untuk mengurangi kemungkinan penularan Virus Corona. Menanggapi hal tersebut, Aa Gym mengimbau masyarakat agar bisa melihat pandemi ini dari sisi yang positif.

Aa Gym mengatakan bahwa pandemi Covid-19 ini jangan melulu dilihat sebagai hal yang buruk. “Kita jangan melihat wabah ini sebagai sesuatu yang selalu merupakan hal yang buruk dan ancaman,” ujar Aa Gym dilansir dari laman Facebknya KH.Abdullah Gymnastiar, pada Jumat (8/5). “Tapi kita juga harus melihat takdir adanya wabah ini ada hikmah yang besar,” imbuhnya.

Selama Pandemi Virus Corona, umat Islam tidak dapat beribadah ke masjid dan menjalankan tradisi berjamaah di Bulan Ramadan. Menyikapi hal tersebut, Aa Gym mengajak masyarakat menjadikan kesempatan ini untuk membuat rumah masing-masing menjadi pusat pelaksanaan ibadah.

“Misalkan kita sekarang bisa menjadikan rumah kita menjadi masjid kita, yang menjadi tempat ibadah kita. Karena kita tidak bisa ke masjid oleh keadaan sementara waktu,” jelas Aa Gym.

Menurutnya, dengan menghidupkan masjid di rumah, umat muslim bisa mendapatkan berkah lebih terutama bila dilaksanakan di Bulan Ramadan. “Maka kita hidupkan masjid di rumah kita, dan ini luar biasa berkahnya,” terangnya.

Aa Gym mengatakan bahwa rumah yang sering digunakan untuk beribadah akan hidup dan dipenuhi dengan keberkahan. “Salat jamaah, memperbanyak salat sunnah, ada tarawihnya, ada tadarus al-Quran. Rumah itu akan hidup, akan penuh dengan cahaya,” ungkapnya. (Elga)

 

Foto : Ilustrasi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *