Aa Gym: Mati Listrik Berikan Banyak Hikmah

Pembina Yayasan Daarut Tauhiid (Ponpes DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) sedang membimbing jamaah haji KBIH DT di Tanah Suci Makkah al-Mukaromah. Walau demikian, Aa Gym tetap perhatian dengan peristiwa tanah air, khususnya saat kejadian mati listrik dalam waktu yang panjang di Pulau Jawa.

Secara teknis, matinya aliran listrik ke wilayah-wilayah di tiga provinsi itu diakibatkan oleh saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET,) di Ungaran dan Pemalang, Jawa Tengah yang mengalami gangguan. Namun sebagai umat muslim, Aa Gym mengingatkan untuk menyikapi segala sesuatu dengan iman. Katanya, sekecil apa pun yang terjadi di alam semesta, tidak terlepas dari kuasa Allah SWT.

“Ingat, banyak hikmah dengan matinya listrik. Jadi, sahabatku sekalian, takdir mati listrik kali ini seharusnya kita gali hikmahnya agar banyak manfaatnya. Mati listrik ini terjadi dengan izin Allah. Apa pun yang terjadi pasti ada sebabnya. Tanpa izin-Nya, tidak akan terjadi musibah dan karunia. Musibah, biasanya diundang oleh keburukan kita sendiri,” kata Aa Gym pada Ahad (4/8).

Aa Gym juga menyampaikan, takdir mati listrik ini boleh jadi merupakan teguran yang membuat banyak manusia sadar, betapa lemahnya mereka. Bahkan, kekayaan pangkat, jabatan, dan kekuasaan setinggi apa pun tidak ada yang dapat menolaj takdir-Nya.

“Kita harus istigfar dari ujub takabur. Betapa nikmat adanya listrik jarang kita syukuri. Bahkan seringkali kita gunakan untuk berbuat maksiat dan sia-sia. Kita harus istigfar atas kufur nikmat selama ini. Betapa beratnya hidup tanpa cahaya. Tapi pasti lebih berat lagi orang yang hidup dalam kegelapan tanpa cahaya kebenaran, akan sengsara dunia akhirat,” jelasnya.

Ia pun kemudian menyampaikan, mati listrik ini harus ditafakuri, sehingga menjadi jalan taubat dan perbaikan sikap seorang hamba, atas karunia yang sering diabaikan. “Ayo, selain istigfar, kita maksimalkan doa dan ikhtiar, agar segera ada solusi terbaik dan tak terulang lagi ujian seperti ini,” lanjutnya.

Terakhir, Aa Gym pun berpesan untuk menghindari keluh kesah, karena tidak akan menyelesaikan masalah. Selanjutnya, Aa Gym menyarankan untuk hemat dalam menggunakan air, batre, bahan bakar minyak (BBM), pulsa, dan hati-hati saat menyalakan lilin, atau penerang lainnya yang berpotensi menimbulkan kebakaran. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *