Tanamkan Tauhid Sejak Dini, Saran Aa Gym

Memberikan pendidikan yang terbaik pada anak menjadi hal yang harus diprioritaskan oleh kedua orangtua. Hal ini disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dalam tausiahnya yang diunggah di kanal Youtube miliknya. Aa Gym mengatakan, sebaiknya orangtua memaksimalkan pendidikan agama dan menanamkan tauhid pada anak sejak dini.

Menurut Aa, pendidikan agama terutama tauhid adalah pondasi yang kokoh, agar anak dikemudian hari tidak ragu dan memiliki keyakinan yang kuat. Pemahaman agama, lanjutnya, merupakan kunci agar anak bisa memahami dan mendapatkan pembelajaran tentang konsep ikhlas.

“Harus diberikan sejak anak mulai memahami, ajak dia salat, ajak dia berzikir, ajak dia mengaji ke masjid, apapun itu, kenalkan dia pada Allah SWT, agar mempermudah segala prosesnya di kemudian hari.  Yakin jika anak itu saleh karena tauhid yang kuat, maka kita sebagai orangtua akan menuai hasil yang melegakan hati, dan mudah dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT,” tuturnya, Kamis (2/7).

Selain itu di masa pandemi dan era digital, kata Aa Gym, tentunya anak-anak memiliki waktu luang bersama orangtua. Hal ini mesti diambil dan dimanfaatkan untuk memberikan pendekatan yang maksimal. Aa Gym menganjurkan terus berikan perhatian pada anak, jangan memberikan sesuatu yang tidak bermanfaat, yang malah membuat si anak memiliki sifat manja.

“Upayakan jangan memanjakan dia, bangun kemandirian dengan landasan pemahaman agama yang baik dan kuat. Di waktu pandemi ini kan banyak sesuatu yang luang, bahkan waktu pun luang. Maka gunakan dan manfaatkan itu untuk memberikan pendidikan pada anak,” katanya.

Terakhir, Aa Gym berpesan agar setiap orangtua memohon arahan langsung pada Allah, dengan cara berdoa dan mendekatkan diri pada Allah SWT. “Harus bersyukur dan terus mendekatkan diri pada Allah SWT. Karena hanya itu yang bisa membuat orangtua bisa terarahkan dalam mengurusi anak,” jelasnya. (Elga)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *