Amalan Sunnah di Hari Jumat

Amalan Sunnah di Hari Jumat

Hari Jum’at merupakan hari yang memiliki banyak keutamaan didalamnya. Sebuah riwayat dari Imam Muslim, sahabat Abu Hurairah yang mendengar bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim)

Berikut beberapa amalan yang dianjurkan pada hari jum’at:

Membaca Surat Al-Kahfi

Surat ini merupakan amalan sunnah Jumat. Disunahkan membaca surat Al-Kahfi pada jam siang hari maupun jam malam hari.Para ulama mengungkapkan, surat Al-Kahfi yang paling baik dibaca ketika setelah subuh. Tidak hanya Al-Kahfi, surat lain juga dianjurkan dibaca saat di hari Jumat.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Perbanyak Sholawat Nabi

Memperbanyak sholawat Nabi dianjurkan baik waktu siang maupun malam. Membaca sholawat Nabi sangat disunnahkan, juga memiliki syafaat Rasulullah di akhirat bagi yang bersholawat.

أَكۡثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوۡمِ جُمُعَةٍ  فَإِنَّ صَلَاةَ أُمَّتِى تُعۡرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوۡمِ جُمُعَةٍ فَمَنۡ كَانَ أَكۡثَرَهُمۡ عَلَىَّ صَلَاةً كَانَ أَقۡرَبَهُمۡ مِنِّى مَنۡزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Memperbanyak Doa

Memperbanyak doa juga waktu-waktu diajabahnya doa seseorang. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits:

“Hari Jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang Muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘Ashar.” (HR Abu Dawud, An Nasa’i, Al Hakim)

Memperbanyak Amalan Shaleh

Maksud disini ialah memperbanyak perbuatan baik di hari Jum’at, seperti sedekah dan lain-lain. Perbuatan baik di hari Jum’at merupakan perbuatan yang mulia, sekaligus kewajiban manusia berbuat baik sebagaimana kepada manusia lain. Meskipun melakukan amalan shaleh tidak hanya dilakukan di hari Jum’at saja. Tetapi sebagai bentuk merayakan hari raya Jum’at maka dengan memberbanyak berbuat baik dari hari sebelum-sebelumnya insyaAllah lebih baik. Wallahu a’lam bishowab.

(Shabirin)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *