Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi

Hari Jum’at merupakan salah satu hari yang istimewa bagi umat Islam. Salah satu dari beberapa keistimewaan hari Jum’at adalah sebagaimana tertera dalam salah satu hadits Nabi. Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jum’at, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah (surga) dan pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Berbicara tentang keistimewaan tentunya berkaitan pula dengan amalan-amalan yang disunnahkan dilakukan di hari Jum’at, salah satunya adalah membaca atau menghafal surat Al-Kahfi. Ada beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan jika kita selalu membaca atau menghafal surat Al-Kahfi, diantaranya adalah;

Disinari Cahaya

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barang siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR. Ad-Darimi no.3470  dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471).

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Dilindungi dari Dajjal

Datangnya dajjal kelak akan banyak membawa musibah dan keburukan baik bagi bumi maupun bagi manusia khususnya terhadap umat Islam. Kelak dajjal akan mengumpulkan pengikutnya untuk menjadi pasukan setianya, termasuk dajjal akan membuat kaum muslim untuk berpaling dari ajaran agama Allah. Maka dengan membaca dan menghafal surat Al-Kahfi insyaAllah kita akan dilindungi dari fitnah dajjal.

عَنْ أَبِى الدَّرْدَاءِ أَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ. رواه مسلم وأبو داود والنسائي والترمذي

Dari Abu Darda’, bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Barang siapa hafal sepuluh ayat pertama dari surah Al-Kahfi maka ia akan dijaga/dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim no. 1919, Abu Daud no. 4325, An-Nasa’i dan At-Tirmidzi).

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ. رواه احمد

Dari Abu Darda’, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwasanya beliau bersabda, “Barang siapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surah surah Al-Kahfi, maka ia akan dijaga/dilindungi dari fitnah Dajjal.”  (HR. Ahmad).

Demikianlah beberapa keutamaan membaca dan menghafal surat Al-Kahfi di malam Jum’at atau hari Jum’at. Dengan sunnah yang cukup sederhana dan insyaAllah mudah untuk dilakukan insya Allah akan memberikan manfaat yang besar bagi keseharian kita terutama dari Jum’at ke Jum’at berikutnya dan khususnya sebagai upaya mendapatkan perlindungan Allah dari fitnah dajjal. (Wahid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *