Antusiasme Jamaah Tinggi, Pendaftaran Dauroh Tahsin Baitul Quran DT Ditutup dalam Waktu Singkat

[daaruttauhiid.org] – Sebagai salah satu negeri dengan populasi muslim terbesar di dunia, ternyata 65 % dari jumlah penduduk muslim Indonesia tidak bisa membaca Al Quran. Data ini mengacu pada kajian dan penelitian mendalam oleh organisasi pemuda Islam dan tokoh-tokoh pemuda Islam, sebagaimana yang pernah disampaikan Ketua Yayasan Indonesia Mengaji, Komjen Pol Syafruddin.

“Dari semua penduduk Indonesia beragama Islam, yaitu 87,2 persen dari jumlah penduduk Indonesia, ternyata hanya 35 persen yang bisa membaca Al Quran. Artinya, 65 % tidak bisa membaca Al Quran, apalagi hafiz Al Quran,” ujarnya dalam soft launching ‘Indonesia Mengaji untuk Kemakmuran dan Kedamaian Bangsa’ secara daring, Senin (12/4).

Menyikapi hal tersebut, sebagai sebuah lembaga Al Quran tentunya unit Baitul Quran DT selalu berupaya untuk turut mengambil bagian menjadi solusi, dalam upaya pemberantasan buta huruf Al Quran di Indonesia. Salah satunya melalui program-program yang digulirkan, baik program Tahfidz maupun Tahsin.

Baru-baru ini, Baitul Quran DT secara perdana membuka Program Dauroh Tahsin secara gratis yang ditujukan untuk umum. Selain tanpa dipungut biaya, program ini juga dapat diikuti oleh jamaah dengan berbagai latar belakang usia dan profesi. Hal ini tentu menjadi daya tarik dan mengundang antusiasme jamaah yang cukup tinggi.

Tidak sampai setengah hari pendaftaran dibuka, dalam sekejap pendaftar melebihi kuota sehingga pendaftaran langsung ditutup mengingat kapasitas kelas atau kelompok yang masih dibatasi. Bahkan meskipun pendaftaran telah ditutup, pendaftar baru terus masuk.

Sedikitnya 61 orang yang mendaftar setelah kuota penuh, diproyeksikan sebagai waiting list kuota batch selanjutnya yang akan dibuka kembali pendaftarannya mulai akhir November.

Pada batch pertama ini, kuota yang disediakan oleh Baitul Quran DT hanya 60 peserta yang dibagi menjadi tiga kelompok; dua kelompok akhwat dan selebihnya kelompok ikhwan. Ada pun pelaksanaannya, akan dimulai pada Jumat (5/11) sore.

Perlu diketahui, program Dauroh Tahsin Baitul Quran DT merupakan program talaqi bacaan Al Quran surat Al Fatihah dan surat pendek juz 30, yang dilaksanakan selama empat pertemuan secara daring. Para peserta program ini nantinya akan diberikan tawaran secara khusus, untuk bisa melanjutkan ke program Baitul Quran DT lainnya dengan porsi materi dan praktik yang lebih mendalam, yakni Program Bimbingan Baca Al Quran (BBQ). (A.Tuqo)

Red: WIN

 

Bagi Jama’ah sekalian yang tertarik untuk berkontribusi terhadap syiar dakwah dan wakaf untuk pembangunan sarana ibadah & belajar santri, bisa menyalurkannya melalui rekening beikut:

Bank Syariah Indonesia (BSI) 9255.373.000 an Yayasan Daarut Tauhiid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *