Berkata dan Berucap Seperlunya Saja, Saran Aa Gym

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengatakan Allah SWT mendengar dan mengetahui ucapan atau keinginan semua umat manusia. Maka itu, setiap muslim harus percaya Allah Maha Mendengar semuanya. Zikir, doa, dan rintihan. Jadi, hendaklah selalu bersyukur dengan kasih sayang Allah.

“Jika mengobrol, secukupnya saja. Tidak usah memaksakan diri agar orang jadi paham, jadi yakin, yang membuat kita jadi berlebihan dalam bicara. Yang membolak-balikkan hati itu Allah, bukan perkataan kita. Kita tuh perkataan yang benar, niat benar, caranya benar. Bukan membolak-balikkan hati siapa pun,” ujar Aa Gym, dikutip dari akun Youtubenya, Ahad (16/8).

Aa Gym melanjutkan, jika cara berbicara sudah benar, niatnya juga benar, tetapi masih ada orang yang menolak, maka tidak apa-apa.

Nabi Muhammad saw yang memilki akhlak sempurna, niat baik, dan hal-hal yang disampaikan juga sempurna, tetap saja ada yang menolak dan mendustakannya. Sebab dari semua itu memang ada hikmah yang bisa diraih.

Aa Gym mengatakan setiap perkataan haruslah menjadi amal salih atau ibadah. Tidak perlu berusaha terlalu keras untuk membuat orang terus mendengar atau percaya. Kalau memang tidak perlu menyampaikan sesuatu, lebih baik tidak usah.

“Tidak perlu menunjukkan kepandaian, menunjukkan jago, kemahiran. Yang penting yang disampaikan adalah ada manfaatnya. Lebih sederhana,” lanjut Aa Gym.

Mencontoh para ulama, yakni mereka yang yakin dengan Allah Maha Mendengar. Tidak banyak bicara karena yang ingin disampaikan hanyalah yang memiliki manfaat.

Contohnya ketika orangtua ingin menasihati anaknya dan tidak didengar, dan ketika berdoa kepada Allah si anak menjadi menurut dan mendengar setiap yang dikatakan orangtuanya.

“Karena orangtua yakin dengan Allah sebagai Yang Mahakuasa, Maha Mendengar, maka Allah memberikan jalan kepada orangtua agar anaknya berbalik menjadi menurut kepada orangtuanya. Terkadang sambil menyendiri atau berdiam diri, kita bisa meyakinkan diri dan berpikir bahwa Allah Maha Mengetahui. Allah tahu isi hati seseorang, tidak ada yang luput darinya, dan sebagainya. Maka dari itu, Allah bersamamu di mana pun engkau berada dan Allah Maha Melihat apa pun yang engkau kerjakan,” pungkas Aa Gym. (Elga) 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *