BI Nobatkan DT Pesantren Unggul se Jawa, Ini Tanggapan Aa Gym

Perwakilan dari Bank Indonesia (BI) Pusat, yang diwakilkan oleh BI Jabar, hadir pada Kajian al-Hikam yang diisi oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Pada kesempatan tersebut, ia memberikan penghargaan dan hadiah untuk Pesantren Daarut Tauhiid, karena DT didaulat sebagai Pesantren Unggul se Pulau Jawa.

“Kami dengan niat tulus, dan menyimak perkembangan DT sejak dulu hingga sekarang berkembang luar biasa, melihat ada 156 projek, kami memberikan apresiasi sebesar 100 juta rupiah, untuk mengembangkan usaha yang ada di Pesantren DT. Target kami, pesantren harus bangkit dan menjadi pusat pengembangan pemberdayaan ekonomi. Kami melihat, DT tidak hanya profesional dari segi pendidikan dan dakwah, tapi muamalahnya juga luar biasa,” tutur Perwakilan BI pada Kamis (21/11).

Katanya, Aa Gym dengan timnya mampu membina karakter muslim yang kuat tauhidnya, dan kuat pula dalam mengembangkan ekonomi islam. “Saya lihat DT ini dapat menjadi contoh, dan ujian penghargaan terbaik se pulau jawa ini saya serahkan ke DT dan Aa Gym. Mudah-mudahan bisa mendorong kita menjadi muslim yang kuat. Sehingga tangan kita selalu di atas,” jelasnya.

Menerima penghargaan tersebut, Aa Gym pun menanggapi dengan mengucapkan hamdalah dan innalillah. Baginya, pujian atau penghargaan merupakan sesuatu yang harus disyukuri, sekaligus ujian agar tidak riya dan menyombongkan diri.

“Alhamdulillah, memang kami berusaha keras membangun pesantren ini, bukan untuk dipuji siapa pun, tapi ternyata Allah menggerakkan Bank Indonesia untuk memberikan penghargaan ini,” kata Aa Gym.

Menurutnya, salah satu budaya yang ada di DT ialah budaya tidak ingin dipuji. Mengapa? Karena katanya, kalau seseorang cenderung ingin dipuji, maka orang tersebut akan sibuk mempercantik topeng, bukan isi.

“Kami ingin diterima oleh Allah, maka kami ingin membersihkan hati, agar tidak ujub, riya, takabur, agar setiap aktifitas menjadi ibadah dan mendapat pahala dari Allah SWT. Akibatnya, kami tidak sibuk dengan hadiah, tidak sibuk dengan pujian, piala, tapi justru itu pula yang membuat berdatangan penghargaan seperti ini. Maasya Allah, semoga ini memicu kami untuk berkarya lebih baik lagi,” papar Aa Gym.

Pihak BI juga kemudian mengungkap tiga sektor yang membuat DT terpilih sebagai Pesantren Unggul se Pulau Jawa. “Kami sepakat tiga sektor utama di DT yang kami ketahui, yaitu Edukasi, Sosial dan Dakwah, serta Bisnis Development atau pembangunan dan pengembangan usaha Inilah yang membuat kami yakin, DT dapat menjadi pusat pemberdayaan ekonomi islam,” pungkasnya. (Cristi Az-Zahra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *