Bulan Muharram, Momentum Meningkatkan Kualitas Diri

Oleh Gatot Kunta Kumara, ST, MM

Ketua Yayasan Daarut Tauhiid

 

Umat Islam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H hari ini. Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan mulia dalam kalender Hijriah. Sejarah mencatat bulan Muharram adalah titik balik peristiwa Hijrah Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan para sahabatnya dari Mekkah ke Madinah.

 

Umat Islam mengetahui kebenaran, ke Maha Kasih Sayangan Alloh atas para hambaNya saat bulan Muharram merupakan hasil dari proses dakwah dan pengorbanan Rasulullah beserta para sahabatnya. Bulan Muharram hendaknya menjadi sarana untuk mengenang peristiwa hijrah, menggali hikmah dan meneladani Rasulullah, para sahabat dengan cara menjadi muslim yang mengamalkan nilai-nilai Islam.

 

Sebuah hadist dhaif /pernyataan Sayyidina Ali radhiallahu ‘anhu yakni,

”Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin maka dia beruntung, barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin sungguh dia merugi dan barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin sungguh dia celaka.”

 

Umat muslim ideal hendaknya menjadi pribadi yang terus menerus sekuat tenaga beramal shalih karena Alloh dan menjauhi hal-hal tidak bermanfaat. Sebagai bekal untuk menghadap Alloh dan hidup di akhirat nanti.

 

Waktu adalah modal utama pemberian Alloh Subhanahu Wata’ala. Karena waktu ibarat pedang, bisa menguntungkan namun bisa juga merugikan bahkan membahayakan. Bila waktu digunakan untuk beramal shalih maka kita akan menjadi makhluk mulia. Sebaliknya, bila waktu digunakan untuk melakukan perbuatan durjana sungguh kita akan menjadi makhluk hina.

 

Mari manfaatkan momentum 1 Muharram 1442 H sebagai sarana untuk terus meningkatkan kualitas diri dengan istiqamah melakukan amal shalih di tengah pandemi Covid- 19, InsyaAlloh.

 

Editor : Ana Lustiyowati (Red.YysDT)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *