Dorong Kreativitas Guru, Fespen DT Adakan Lomba Video Pembelajaran

Menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021, Direktorat Pendidikan (Dirdik) Daarut Tauhiid (DT) mengadakan banyak acara pendukung bertajuk Festival Pendidikan (Fespen) DT 2020. Salah satunya adalah Lomba Kreativitas Video Pembelajaran Tingkat Nasional untuk para guru seluruh jenjang pendidikan, dari TK hingga SLTA.

Pendaftaran lomba telah dimulai sejak Kamis (15/10), sedangkan pengumpulan karya akan dimulai Sabtu (24/10). Deni Fauzy Rahman, Ketua Pelaksana Fespen DT 2020 mengatakan kegiatan ini bukan kali pertama diadakan. Tahun sebelumnya pun Fespen DT telah diselenggarakan.

“Fespen ini merupakan event support untuk menyambut PPDB bagi 10 sekolah di bawah Dirdik Tahun Ajaran Baru 2020/2021, dan sudah pernah dilakukan di tahun sebelumnya. Tapi karena keadaan sekarang masih pandemi, maka ada beberapa penyesuaian di mana kebanyakan kegiatan akan kita laksanakan secara daring,” ujar Deni.

Deni mengungkapkan, sebelumnya perlombaan yang diadakan Dirdik diberi nama Daarut Tauhiid Youth Festival. Namun karena agenda sekarang lebih banyak terselenggara secara daring, maka tahun ini dinamakan Daarut Tauhiid Online Festival yang akan berlangsung dari tanggal 26 sampai 28 Oktober 2020. Lomba Inobel atau Inovasi Pembelajaran pun ikut bertransformasi menjadi Lomba Kreativitas Video Pembelajaran.

“Ini merupakan bentuk dukungan kita agar para pengajar tetap antusias mengembangkan potensinya selama pandemi. Lomba Inobel ikut menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran yang sekarang pun menjadi daring. Maka munculah cabang Lomba Kreativitas Video Pembelajaran ini. Bagaimana para guru bisa membuat pembelajaran tetap menarik walaupun terlaksana tanpa tatap muka. Salah satunya dengan membuat video pembelajaran yang kreatif namun tetap memuat materi lengkap,” pungkasnya.

Sebelum acara puncak di akhir bulan Oktober ini, Fespen DT pun menghadirkan serangkaian Seminar Nasional Pendidikan dan Parenting Nasional hingga tanggal 30 Oktober 2020. Untuk info lebih lanjut bisa diakses melalui laman www.ppdb.daaruttauhiid.sch.id. (Gian)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *