dr. Asep Hermana: Islam Itu Cinta Kebersihan

Kebersihan adalah kunci dalam melaksanakan ibadah. Misalnya kebiasaan mencuci tangan yang kini dianjurkan selama pandemi, Islam telah memulai terlebih dahulu dalam bentuk aktivitas berwudu. Menjaga kebersihan bagi seorang muslim bukanlah hal yang baru.

Menurut penulis buku 7 Keajaiban Kesembuhan dr. Asep Hermana dalam acara yang disiarkan di MQTV, Rabu (17/2),  kebersihan telah menjadi kebiasaan yang diajarkan dalam Islam.

“Wudu dan mandi merupakan rutinitas yang sering kita lakukan. Bersih diri baik badan dan batin merupakan amal saleh. Bisa dikatakan, Islam itu mencintai kebersihan,” ujar dr Asep.

Asep Hermana yang juga Kepala DT Peduli Kuningan ini mengungkapkan adanya penelitian terkait negara yang rajin mandi.

“Kita berbicara data dan hasil penelitian bahwa negara yang rajin mandi adalah Indonesia dan Kolombia. Dan ada suatu daerah di luar Indonesia, yang hanya mandi tiga kali seumur hidupnya. Serta kita kaitkan dengan Nabi Muhammad bahwa beliau tidak lepas dengan menjaga wudu dan mandi,” ujarnya.

dr Asep menjelaskan kebersihan badan yang diajarkan Nabi Muhammad adalah cara terbaik menjaga kesehatan. Apalagi ketika itu belum ada penelitian secanggih seperti sekarang.

“Manfaat mandi ini bisa dikelompokkan mandi dengan air dingin dan air panas. Mandi dengan air dingin yang diajurkan Nabi bisa menstimulasi sistem imun, serta meningkatkan kewaspadaan dan mencegah sakit flu. Bermanfaat juga mengakselerasi metabolisme tubuh dan menyegarkan pikiran,” katanya. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *