DT Peduli Gelar Aksi Peduli Banjir Ngamprah

Banjir yang melanda di sejumlah wilayah Indonesia, khususnya di Pulau Jawa bagian barat laut, pada Rabu (1/1), tidak lepas dari hujan ekstrem sejak Selasa (31/12) hingga Rabu pagi. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini sebetulnya belum memasuki puncak musim penghujan, yang diprediksi terjadi pada pertengahan Februari hingga Maret mendatang.

Selain wilayah JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Bencana banjir tersebut juga merendam daerah Bandung Barat, tepatnya di Kecamatan Ngamprah. DT Peduli Pusat segera melakukan aksi Peduli Banjir untuk membantu para korban. Andri Adi, Manajer Kemanusiaan sekaligus Koordinator Lapangan mengatakan, aksi cepat tanggap dilakukan DT Peduli setelah adanya laporan dari warga pada Selasa sore.

“Banjir terjadi akibat hujan deras yang turun sejak siang hingga sore, sehingga membuat limpasan air mengepung sejumlah wilayah permukiman penduduk, jalan protokol, hingga kompleks perumahan warga dengan ketinggian air bervariasi,” jelasnya.

Banjir terjadi di Underpass Padalarang yang menjadi pintu masuk utama ke kompleks Pemda Kabupaten Bandung Barat dengan ketinggian banjir 70 – 180 cm. Banjir terparah terjadi di tiga desa, yakni Desa Mekarsari, Desa Cipendeuy, dan Desa Margajaya.

Sampai Kamis (2/1), kondisi air yang meredam wilayah Ngamprah dan sekitarnya sudah mulai surut. Hanya ada genangan di beberapa titik. Para relawan kemanusiaan bersama warga, Tim Sar, PMI, dan regu kemanusiaan lainnya bahu-membahu membersihkan lumpur dan sampah yang masuk ke rumah warga dan jalanan.

“Alhamdulillah, posko bantuan DT Peduli udah berdiri. Program selanjutnya selain aksi bersih-bersih, yaitu membuat dapur umum. Apapun rekomendasi bantuan seputar Sembako dan Hygine Kit. Untuk rekomendasi bantuan peralatan, berupa Alkon (Pompa Sedot Air), sepatu bot, sarung tangan, karung, dan troli (arko),” tuturnya.

Bagi sahabat yang ingin membantu para korban banjir Ngamprah, dapat langsung mendatangi Posko DT Peduli Banjir di Kampung Pajagalan RT/RW 05/02, Desa Cipeundeuy, Kec. Padalarang, KBB. Informasi selanjutnya bisa menghubungi Koordinator Lapangannya di nomor 081321896192. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *