DT Peduli Gelar Pelatihan Managemen Masjid

Aula Daaul Hidayah di Masjid Daarut Tauhiid (DT) Bandung, tampak ramai oleh ratusan perwakilan DKM masjid se-Bandung Raya, pada Senin (26/2). Masing-masing masjid jami, mengirimkan utusan atau perwakilannya untuk menghadiri Pelatihan Management Masjid yang digelar oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) DT Peduli, bekerja sama dengan Bank BNI Syariah.

Ada tiga pemateri pada pelatihan tersebut. Pertama, Ustaz Dikdik Sodikin, Konsultan ZIS (Zakat, Infak, dan Sedekah). Kedua, Dwiono Koesen Al-Jambi, Praktisi perbankan syariah dan penulis buku ‘Selamat Tinggal Bank Konvensional’. Ketiga, Ustaz Agus Mubarok, SP, Penulis Buku Problematika Masjid dan Solusinya. Acara berlangsung mulai pukul 09.00 sampai 17.30 WIB.

Dadan Junaedi, Direktur Program DT Peduli menyampaikan beberapa fasilitas yang di dapat oleh peserta. “Peserta mendapatkan konsumsi, uang transport, mushaf al-Quran, alat tulis dan buku panduan,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu program yang termasuk ke dalam Pilar Dakwah Laznas DT Peduli. Dadan berharap, pelatihan yang digelar tersebut dapat membuka wawasan para pengurus DKM, tentang bagimana mengelola masjid dengan amanah dan professional.

Harapannya, para pengurus DKM dapat memahami dan melaksanakan Standard Operating Procedure(SOP) membersihkan masjid. Kemudian mengelola keuangan masjid secara professional, serta menabungnya atau menyimpannya di Bank Syariah, bukan Bank Konvensional. “Ada dari pihak Bank BNI Syariah yang menjelaskan mengapa harus ke bank syariah? Mengapa harus menghindari riba? Dan sebagainya,” jelas Dadan.

Selanjutnya, Dadan juga berharap mereka dapat bersinergi dengan DT Peduli terkait pengelolaan dana ZIS. Menurutnya, sesuai undang-undang yang berlaku di Indonesia, pengelolaan ZIS harus oleh laznas. “Maka dari itu nanti kita sinergikan pengelolaannya dengan DT Peduli,” ujar Dadan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *