Ini Nasihat Aa Gym saat Acara Webinar Santriprenuer

Pandemi Covid-19 belum usai dan masih menjadi wabah internasional. Banyak sektor merasakan dampaknya. Mulai dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan UKM yang omset menurun. Keluhan dan kegelisahan masyarakat menjadi perbincangan sehari-hari karena kondisi tidak normal seperti biasanya.

Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mengingatkan agar selalu berparasangka atas setiap musibah. Hal ini disampaikannya saat acara Webinar Santriprenuer yang dilaksanakan secara daring, Ahad (7/2).

“Jangan risau karena rezeki. Apalagi saat pandemi ini. Tapi risaulah dan takut ketika kita melakukan niat dan cara mendapatkan rezeki yang salah,” ujar Aa Gym.

Aa Gym beranggapan kondisi saat ini ada hikmah yang perlu direnungi. Sangat disayangkan ketika kondisi sekarang hanya berpangku tangan dan marah dengan keadaan.

“Bagaimana pun setiap kejadian perlu kita ambil hikmahnya. Saat kondisi normal dan berlimpah keuntungan, kita bersyukur dengan omset yang besar. Namun ketika kita diuji dengan keadaan yang tidak menyenangkan, harusnya tambah bersyukur dan rida pada takdir. Dari sinilah kita harusnya belajar,” ujarnya.

Sangat disayangkan kondisi ini dilalui begitu saja tanpa ada pembelajaran. Menurut Aa Gym, ini merupakan cara Allah mengingatkan kita.

“Kita sudah merasakan kondisi senang. Namun kondisi saat ini, kita belajar dan berlatih menjadi entreprenuer yang tangguh serta takut kepada Alllah. Ini pernah dirasakan Aa di DT dan MQ. Cita-cita yang benar dan nilai kebaikan dalam diri kita, harusnya menjadi nilai tambah. Lalu serahkan kepada Allah apa yang terjadi,” pungkas Aa Gym. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *