Pesantren DT Adakan Webinar Santripreneur 2

Bertekad memfasilitasi masyarakat yang ingin berwirausaha dengan bekal ilmu bisnis yang sesuai syariah khususnya di masa pandemi ini, maka Pesantren Daarut Tauhiid (DT) melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) DT kembali menyelenggarakan acara webinar Santripreneur Batch 2 bertajuk “Lejitkan Ruhiyah & Rupiah di Masa Pandemi”. Acara diselenggarakan pada Ahad (7/2) malam secara daring.

Peserta yang mengikuti acara berasal dari berbagai daerah di tanah air. Tercatat 490 peserta mengikuti acara ini, baik melalui Zoom maupun YouTube. Selain peserta umum, webinar Santriprenur Batch 2 juga dihadiri Pendiri Pondok Pesantren DT KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Ada pun pemateri dalam acara ini adalah Coach Ridwan Abadi dari Sukses Berkah Community (SBC).

Saat membuka acara, Aa Gym memberikan nasihat dan ilmu kepada para peserta. Aa Gym menceritakan tentang pengalamannya di dunia usaha (entrepreneur), mulai dari jatuh bangunnya menjalankan usaha hingga bisa berhasil.

“Untuk menjadi pengusaha jangan malu, jangan merasa lelah karena mulai dari bawah. Nanti menjadi besar itu adalah bonus, yang terpenting adalah terus memulai dengan cara yang baik dan terus lakukan PDLT (Perbaiki Diri Lakukan Yang Terbaik),” kata Aa Gym.

“Jangan risau dengan rezeki, karena kita sudah diciptakan lengkap dengan rezekinya. Tapi yang harus risau adalah tentang keberkahannya, serta cara dan niatnya harus benar sesuai yang disukai Allah. Kalau Allah sedang menahan rezeki kita, maka harus bersabar. Adanya rezeki jangan ujub, tapi harus syukur sehingga menjadi kebaikan,” lanjutnya.

Setelah itu, acara dilanjutkan ke pembahasan materi “Lejitkan Ruhiyah & Rupiah di Masa Pandemi” oleh Coach Ridwan Abadi. Coach Ridwan menyampaikan pengalamannya selama mendampingi peserta pelatihan dalam komunitasnya, sekaligus memberikan motivasi kepada peserta.

“Selama tahun 2020 mendampingi teman-teman di program dan pelatihan, ternyata banyak teman-teman ketika mengalami pandemi tidak selalu negatif. Ketika ada yang turun, Allah menciptakan keseimbangan ada tempat lain yang meningkat. Sebagai seorang entrepreneur, fokus kita adalah bagaimana menciptakan solusi. Karena dalam setiap kondisi dan setiap masalah selalu ada peluang. Pandemi bukan alasan untuk menyerah dan berhenti. Semoga pandemi ini menjadikan kita lebih banyak belajar, naik kelas dan akhirnya menjadikan kita seorang pemenang sejatinya,” kata Coach Ridwan.

Selama acara berlangsung, tidak hanya penyampaian materi dari Coach Ridwan, tapi ada juga sesi diskusi atau tanya jawab untuk memberikan kesempatan peserta berkonsultasi.

Begitu antusiasnya peserta, banyak sekali pertanyaan dari peserta. Tapi, karena terbatas oleh waktu maka pertanyaan dari peserta pun dipilih. Pada akhir sesi, Coach Ridwan memberikan closing statement-nya tentang niat menjadi seorang entrepreneur.

“Menjadi seorang entrepreneur adalah pilihan, niatkan sebagai jalan ibadah. Bisnis bukan bicara terkait untung rugi semata, tapi bisnis juga bicara terkait halal dan haram bagaimana kita menjalankannya. Maka milikilah ilmu agara tidak salah jalan. Miliki guru dan mentor sebagai tempat untuk bertanya dan meminta nasihat. Dan milikilah komunitas untuk bertukar informasi, bertukar pikiran dan berbagi. Semoga usaha kita menjadi jalan atau kendaran untuk menuju surga-Nya,” ujar Coach Ridwan.

Untuk program lanjutan yang lebih intensif seputar kewirausahaan, masyarakat atau jamaah bisa mengikuti Program Santripreneur angkatan ke-2 yang diselenggarakan oleh Pesantren DT. Saat ini masih dibuka pendaftaran hingga 14 Februari 2021, informasi selengkapnya dapat menghubungi call center Pesantren Daarut Tauhiid 0819 1020 6060. (Adam)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *