Inilah Pesan Ustaz Mumuh untuk Santri SSG DT

Salah satu program unggulan di Yayasan Daarut Tauhiid (DT), ialah Program SSG (Santri Siap Guna). Mereka mendapat bimbingan rutin setiap pekan, selama tiga bulan masa pendidikan dan latihan (diklat). Menurut Ustaz Mumuh, para Santri SSG harus memiliki Karakter Baku (Baik dan Kuat).

“Yang kita butuhkan adalah karakter yang baik dan kuat. Seperti apakah itu? Yaitu seseorang yang mengutamakan  zikir hanya kepada Allah,” katanya, di Aula Daarul Hajj, pada Selasa (9/4). Zikir yang dimaksud olehnya ialah selalu mengingat bahwa kematian itu dekat, dan bisa datang kapan saja.

Ustaz Mumuh kemudian menyampaikan pada Santri SSG DT, tentang lima keutamaan zikrul maut. “Pertama, kelembutan hati. Kedua, mendorong untuk senantiasa taubat dan istigfar. Ketiga, menjadi motivasi untuk bersikap qonaah. Keempat, mendorong untuk bersegera beramal saleh dan tidak menundanya. Kelima, mendorong untuk bersikap zuhud terhadap dunia, dan tidak cinta akan dunia,” jelasnya.

Ia juga berharap, di mana pun para santri berada, mereka dapat memiliki hati yang ikhlas, memiliki karakter baku, dan bermanfaat bagi banyak orang. “Santri harus memiliki hati yang ikhlas dan tulus, karena tidak ada orang yang punya energi melimpah di dalam berjuang, kecuali orang-orang yang memiliki keikhlasan.  Tidak ada orang yang memiliki keistiqamahan yang kuat, kecuali mereka orang yang ikhlas,” jelasnya.  (Toni Antonius)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *