Jangan Lupa Mendoakan Orang Lain

Jangan Lupa Mendoakan Orang Lain

Jangan Lupa Mendoakan Orang Lain – Segala sesuatu yang telah terjadi merupakan Takdir Allah Ta’ala, tidak ada sesuatu apapun yang terjadi di dunia yang tidak luput dari kehendak Allah yang maha menghendaki dan segalanya ada dalam kekuasaannya. Apapun yang telah terjadi, seorang hamba harus yakin bahwa itu adalah yang terbaik bagi dirinya.

Jangan Lupa Mendoakan Orang Lain

Jangan Lupa Mendoakan Orang Lain

Oleh karena itu mintalah segalanya kepada Allah yang maha pemberi. Apapun permintaan dan kebutuhan kita segera adukan kepada Allah. Seseorang juga harus menanamkan dalam dirinya bahwa ia hanya boleh bergantung kepada Allah Ta’ala, tidak ada seorang pun yang mampu membantunya melainkan Allah. Jika memohon pertolongan kepada manusia pasti kecewa, namun jika seseorang datang kepada Robbnya dengan sungguh-sungguh, Allah akan memberikan yang terbaik bagi hambanya.

Berdoa tidak hanya dikala memiliki keinginan atau meminta sesuatu saja, namun segala aktifitas yang dilakukan harus diawali dengan do’a, agar diberi kemudahan dan diridhoi oleh Allah Ta’ala. Jika dikecewakan dan dijengkelkan oleh orang lain maka berdoalah agar diberi ketenangan oleh Allah Ta’ala. Kita harus menggantungkan hati kepada Allah dalam segala urusan, karena itu cara memperbaiki hubungan dengan Allah.

Tidak hanya berdoa untuk diri sendiri tapi mendo’akan orang tua, orang lain, hewan, tumbuhan, dan lain-lainnya. Karena orang tua yang sudah bekerja keras membesarkan kita sebagai anaknya, jangan pelit mendoakan orang tua, doa anak adalah harapan bagi orang tuanya agar diampuni segala dosanya. Bahkan ada ulama yang mengatakan anak yang mendoakan lima kali sehari bukan termasuk anak yang baik. Padahal membacakan do’a untuk orangtua tidak sulit dan tidak membutuhkan kerja keras, tidak sekeras perjuangan orang tua membesarkan anaknya.

Mendoakan orang lain agar dimudahkan urusannya, ketika melihat pedagang maka doakan agar dagangannya laku. Ketika melihat orang yang bertengkar dijalan, doakan agar diberikan ketenangan dalam dirinya, ketika melihat orang susah doakan agar dimudahkan segala urusannya, dan seterusnya. Baginda Rasullulah pernah bersabda,

Dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba muslim yang berdoa untuk saudaranya yang tidak ada di hadapannya, melainkan malaikat berkata, ‘Dan untukmu seperti doamu. (HR. Muslim)

Do’a adalah zikir kepada Allah. Allah yang maha tahu isi hati, pikiran, dan kebutuhan hambanya. Allah tidak akan mengecewakan hambanya, kalaupun Allah tidak mengambulkan keinginan seseorang itu, maka bisa jadi itulah yang terbaik, jawaban dari apa yang kita minta. Allah itu dekat dengan hambanya dan ia meminta hambanya memohon kepadanya, seperti yang Allah firmankan surat Al-baqarah ayat 186,

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.”

Wallahu a’lam bishowab

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *