Semangat Baru untuk Berwakaf

Setiap detik waktu yang diberikan oleh Allah SWT sesungguhnya sangat berharga bagi seorang hamba. Jangan sampai waktu berlalu sia-sia, hingga tanpa terasa ajal pun tiba. KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) pernah menyampaikan, ada amalan yang dilakukan oleh orang-orang yang cerdas memanfaatkan waktu. Amalan itu ialah berwakaf. Mengapa? Karena orang yang berwakaf itu paham usia biologis akan berakhir, kesempatan berbuat baik akan selesai, tapi dengan berwakaf, pahala dapat terus mengalir hingga hari akhir.

Tahun Baru Islam dapat dimaknai dengan semangat yang baru untuk melakukan kebaikan, di antaranya ialah berwakaf. Jika tahun lalu masih setengah hati dalam berwakaf, tahun ini tekadkan harus sepenuh hati ikhlas karena Allah SWT. Jika tahun lalu masih ragu harta akan berkurang karena diwakafkan, tahun ini harus semakin kuat bertekad istiqamah berwakaf, karena yakin Allah Yang Mahakaya tidak akan menyengsarakan hamba-Nya yang menjalankan syariat-Nya.

Adanya lembaga yang amanah dan profesional dalam mengelola aset wakaf, seperti Lembaga Wakaf Daarut Tauhiid (DT), harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dana wakaf yang disalurkan, dapat diberikan secara langsung ke kantor Wakaf DT, dapat pula menggunakan fasilitas transfer wakaf, dan jemput wakaf ke lokasi muwakif (orang yang berwakaf). Setelah itu, muwakif pun tidak perlu repot-repot ikut terlibat secara langsung dalam pengelolaannya. Ada para nazhir yang siap bertanggung jawab dan melaporkan semua program wakaf yang sedang dan sudah dikerjakan melalui media cetak dan online, hingga siaran radio yang bisa disimak muwakif saat waktu luang di rumah atau di kendaraan.

Berikut ini beragam program Wakaf DT:

Wakaf Sarana Dakwah
a. Wakaf Masjid 3 in 1
Program sekali berwakaf untuk tiga masjid di Batam, Serua (Tangerang), dan Lubuklinggau ini merupakan program yang banyak digemari. Bagaimana tidak? Siapa saja yang ikhlas berwakaf untuk masjid, maka Allah SWT akan membangunkan untuknya rumah di surga. Masya Allah luar biasa!

Progres pembangunan ketiganya jelas berbeda. Masjid Rahmatan Lil’alamin di DT Lubuklinggau misalnya, pembangunannya telah mencapai 87,18 persen per 11 Agustus 2019. Masjid tiga lantai ini dibangun dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu pondasi, tahap kedua struktur, dan tahap ketiga arsitektur. Masjid tersebut direncanakan mampu menampung 1.500 jamaah dengan dana yang dibutuhkan sekitar 8,1 milyar rupiah.

Selanjutnya, Masjid DT Batam yang akan dibangun tiga lantai, dan progresnya mencapai 40 persen, meliputi tahap perizinan dan perencanaan. Masjid yang terletak di Jalan Trans Belerang ini rencananya mampu menampung 2.000 jamaah, dengan dana yang dibutuhkan sebesar 18 milyar rupiah.

Kemudian, Masjid DT Serua, Tangerang Selatan, diperkirakan mampu menampung 1.500 jamaah, dengan dana yang dibutuhkan sebesar 15,1 milyar rupiah. Progresnya masih diangka 40 persen, meliputi perencanaan dan perizinan.

Tiga masjid tersebut, merupakan peluang besar untuk berwakaf, dan meraih rumah di surga. Insya Allah setiap masjid yang dibangun oleh Daarut Tauhiid sangat terjaga keamanan, kebersihan, kenyamanan, serta kemakmurannya. Setiap kebaikan yang dilakukan di masjid tersebut, pahalanya akan terus mengalir kepada yang berwakaf. Masya Allah!

b. Wakaf al-Quran Plus
Melalui program ini, mushaf al-Quran akan tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Mushaf al-Quran yang ditebarkan dari dana wakaf tersebut, ialah al-Quran Tahfiz yang sudah disusun berdasarkan metode DT, untuk memudahkan proses menghafal. Tidak hanya diberi mushafnya, mereka yang menerima mushaf tersebut juga diberikan pelatihan cara menghafal Metode DT dengan menggunakan al-Quran Tahfiz tersebut. Program Wakaf Quran ini merupakan solusi untuk membumikan al-Quran di Indonesia. Maka, muwakif yang berwakaf untuk program ini, insya Allah mendapat pahala dan keberkahan yang luar biasa.

c. Wakaf Masjid Lintas Batas
Melebarkan sayap dakwah ke mancanegara, merupakan amal baik yang sedang diperjuangkan oleh DT. Masyarakat pun dapat terlibat dalam perjuangan tersebut dengan berwakaf. Saat ini DT sedang membebaskan lahan dan bangunan di 214 Nicholson Road, Longford, Perth, Australia. Bangunan dan lahan tersebut difungsikan sebagai Masjid al-Latif DT Centre di Perth Australia. Kehadiran Masjid al-Latif tentu menjawab kebutuhan umat Islam di sana, khususnya muslim asal Indonesia.

d. Wakaf Menara SSG (Santri Siap Guna)
Program yang digelar oleh DT setiap akhir pekan ialah Program SSG (Santri Siap Guna). Banyak generasi muda yang mengikuti program tersebut, agar memiliki tauhid yang kuat kepada Allah SWT, dan memiliki Karakter BAKU (Baik dan Kuat). Maka, Lembaga Wakaf DT hadir untuk memfasilitasi, yakni dengan membuat bangunan tinggi untuk berbagai kegiatan SSG, mulai dari kantor hingga galeri bisnis.

Wakaf Sadar Pendidikan
Ingin mencetak generasi bertauhid, berakhlak mulia, cinta al-Quran, dan mampu menghadapi tantangan zaman, maka fasilitas yang diberikan harus menunjang terwujudnya cita-cita mulia tersebut. Itulah yang membuat Lembaga Wakaf DT memiliki Program Wakaf Sarana Dasar (Sadar) Pendidikan, agar para santri terfasilitasi dengan baik dalam proses belajar, sehingga mereka dapat menjadi hamba yang lebih baik, dan mampu bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya umat di mana pun mereka berada kelak.

Tahun 2019 ini, Program Wakaf Sadar Pendidikan membangun Gedung Serbaguna Pendidikan di Eco Pesantren DT, Wakaf Asrama dan RKB Serua di Serua, serta Wakaf RKB dan Asrama di Batam. Dana wakaf yang diperlukan untuk keseluruhan program tersebut, ialah 156,495 milyar rupiah.

Siapa saja yang berwakaf untuk Program Wakaf Sadar Pendidikan ini, sesungguhnya ia adalah orang yang beruntung. Mengapa? Karena ia tidak hanya mendapat keberkahan dan pahala selama sarana pendidikan itu digunakan oleh para santri. Lebih dari itu, setiap ilmu yang didapat oleh santri di sana, lalu ke mana pun santri pergi, dan mengamalkan ilmu yang didapatnya itu, maka muwakif pun insya Allah mendapat keberkahan dan pahalanya.

Wakaf Ekonomi Produktif
a. Wakaf Ketahanan Pangan
Indonesia yang dulu terkenal dengan sebutan negara agraris, kini lahan pertaniannya kian tergerus industri dan properti. Maka, untuk membantu memenuhi ketersediaan pangan di masyarakat, yang aman, merata, dan terjangkau, digulirkanlah Program Wakaf Ketahanan Pangan ini. Para petani tersebut, diberikan pelatihan manajemen dan pengelolaan pertanian dengan teknologi ramah lingkungan, serta pembinaan ruhiyah, agar mereka dapat sejahtera dan kuat tauhidnya. Muwakif yang berwakaf untuk program ini, insya Allah akan mendapat balasan terbaik dari Allah SWT.

b. Wakaf Foodcourt
Lembaga Wakaf DT rencananya akan membangun foodcourt di wilayah Gegerkalong Girang, Kota Bandung, lengkap dengan lahan parkirnya. Masyarakat pun dapat terlibat sebagai muwakifnya, sehingga setiap manfaat yang dilahirkan dari program ini dapat mengalirkan pahala yang tak terhingga.

c. Wakaf Produktif Lainnya
Wakaf ekonomi produktif merupakan pengelolaan wakaf secara komersil untuk memberdayakan ekonomi umat. Salah satu contohnya ialah aset pertokoan yang terletak di depan Masjid DT Bandung dan Dome Sentral Lima. Semakin banyak aset wakaf produktif, maka semakin banyak pula manfaat yang diberikan untuk umat.

Wakaf Media Dakwah
Berdakwah di zaman ini, tidak hanya dilakukan secara langsung. Adanya media dakwah, kebaikan yang disampaikan dapat menjangkau lapisan masyarakat hingga ke mancanegara. Wakaf Media Dakwah, seperti untuk peralatan media, pembangunan dan pengembangan radio, dan televisi sangat penting dilakukan.

Wakaf Sarana Kesehatan
Kesehatan sangat penting untuk memudahkan ibadah kepada Allah SWT. Maka, Lembaga Wakaf DT membangun klinik, apotik, dan akan membangun rumah sakit. Tentu butuh dana yang tidak sedikit untuk membangunnya. Ini menjadi peluang bagi masyarakat yang ingin mewakafkan hartanya. Mudah-mudahan dengan berkontribusi untuk kesehatan umat, Allah Yang Mahabaik memberikan kesehatan dan keberkahan bagi hidup kita, dunia dan akhirat. Aamiin Ya Allah.

Beragam program wakaf yang digulirkan oleh Lembaga Wakaf DT, diharapkan dapat memicu semangat siapa saja untuk berwakaf di Tahun Baru Islam ini. Semoga setiap harta yang diwakafkan, dapat bersaksi di hadapan Allah SWT kelak. Allah pun menjadi rida dan berkenan memasukan kita ke surga-Nya karena amal wakaf semasa di dunia. Aamiin. (Cristi Az-Zahra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *