PKBM Daarut Tauhiid Gelar Penilaian Akhir Tahun Peserta Didik

PKBM Daarut Tauhiid melaksanakan Penilaian Akhir Tahun pada tanggal 5-6 Juni 2021. PAT ini diikuti oleh peserta didik baik di Paket A, B, dan C. Jumlah peserta didik yang mengikuti PAT yakni sebanyak 1 orang untuk Paket A, Paket B sebanyak 12 orang, dan Paket C sebanyak 27 orang. Pelaksanaan PAT dilakukan secara online, hal tersebut sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. 

Pelaksanaan PAT secara online dilakukan dengan cara tutor memberikan arahan petunjuk pengisian soal pada whatsapp group pembelajaran, sampai dengan waktu pelaksanaan PAT di setiap mata pelajaran. Selanjutnya, tutor akan mengirimkan soal berbentuk google form pada whatsapp group pembelajaran. Apabila peserta didik selesai mengisi soal, tutor akan mengirimkan format presensi yang harus diisi peserta didik sebagai bukti telah mengikuti PAT. 

Setelah waktu pelaksanaan PAT selesai, tutor akan memeriksa google form dan mencatat peserta didik yang belum mengikuti PAT. Peserta didik yang tidak mengikuti PAT harus melaksanakan PAT susulan di hari yang telah ditentukan. PAT dilaksanakan sebagai bahan evaluasi pembelajaran bagi peserta didik selama satu semester dan menjadi salah satu bahan kebijakan lembaga untuk merekomendasikan kenaikan warga belajar.

Dengan adanya PAT peserta didik dapat mengukur pencapaian hasil kompetensi belajar, sehingga diharapkan peserta didik dapat meningkatkan pengetahuan pembelajaran yang telah didapatkan di tingkat sebelumnya. Bagi tutor diharapkan dengan adanya pelaksanaan PAT dapat dijadikan sebagai tolok ukur ketercapaian pembelajaran yang telah dilakukan melalui hasil belajar yang didapatkan oleh peserta didik.  (Selvy)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *