Latih Mental Siswa, SD DT Wajibkan Ekstrakurikuler Pramuka

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang menampung peserta didik. Mereka dibina agar memiliki kemampuan, kecerdasan, dan keterampilan. Dalam proses pendidikan, diperlukan pembinaan secara terarah, dan siswa diharapkan dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal, sehingga tercapainya tujuan pendidikan.

Kegiatan ekstrakurikuler atau pengembangan diri, merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dari kurikulum sekolah. Bertujuan melatih mental para siswa, SD Daarut Tauhiid (DT) mewajibkan siswanya mengikuti ekstrakurikuler Pramuka.

Karmansyah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, menyampaikan, ekstrakurikuler Pramuka sangat tepat bagi anak-anak usia SD. Dari sisi pendidikan dan kegiatan, Pramuka mengajarkan banyak nilai. Mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, hingga kemandirian.

“Seminggu sekali, tepatnya setiap Hari Jumat, Siswa SD Daarut Tauhiid mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Sekarang ekstrakurikuler menjadi kegiatan yang wajib dari SD hingga SMA, karena ekstrakurikuler ini bukan hanya sekadar kegiatan tambahan di sekolah saja, tapi juga sudah menjadi kurikulum. Pendidikan di pramuka dapat melatih mental siswa, terutama anak-anak SD, agar karakter dan sikap leadership nya terbangun,” ujarnya pada Jumat (23/8).

Menurutnya, dengan mengikuti ekstrakurikuler Pramuka, siswa dapat memilih minat dan bakatnya. Mereka juga terpacu untuk dapat memperoleh hasil belajar yang baik dibidang akademik, maupun kegiatan lainnya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *