Longmarch DQ Tumbuhkan Jiwa Leadership dan Kekompakan

Diajarkan untuk menjadi ahli zikir, fikir, dan ikhtiar, program pesantren Daarul Qolbiah (DQ) Daarut Tauhiid (DT) mengajak para santrinya mengikuti kegiatan longmarch dari DT di Geger Kalong Girang menuju Eco Pesantren DT, Parongpong, pada Sabtu (3/1). Kegiatan ini diikuti 36 santri program Daarul Qolbiah, yakni 18 santri ikhwan (laki-laki) dan 18 santri akhwat (perempuan).

Selain melahirkan pribadi ahli zikir, fikir, dan ikhtiar, program pesantren DQ juga memiliki tujuan lain, yakni agar santri memiliki akidah yang bersih, ibadah yang benar, dan berahlak mulia. Membentuk santri yang memiliki karakter Baik dan Kuat (BAKU), serta mampu mengaplikasikan pembiasaan ibadah dan tata cara hidup yang lebih islami.

Untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut, DQ mengadakan rihlah pada pekan ketiga dengan kegiatan longmarch dari DT ke Eco Pesantren, games berjalan dengan menutup mata, menangkap bola per grup, dan olahraga sunnah memanah dan berkuda.

Nina, pembimbing santri DQ mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan longmarch dan beberapa games ini untuk membangun kekompakan dan jiwa leadership para santri. Mereka juga diajak untuk senantiasa berzikir setiap saat. Seperti ketika melakukan longmarch, sepanjang jalan dari DT ke Eco Pesantren selalu diajarkan untuk berzikir.

“Semoga mereka menjadi lebih kompak dan lebih akrab. Dan juga pandai dalam olahraga sunnah,” kata Nina.

Heru, salah seorang santri DQ sekaligus ketua angkatan mengungkapkan, baginya kegiatan seperti ini baru pertama kalinya ia ikuti. Menurutnya kegiatan ini sangat positif dan menyenangkan. Karena selain melatih kekompakan dan mengasah jiwa leadership, mereka juga diajarkan senantiasa berzikir kepada Allah. Apalagi suasana Eco Pesantren yang masih asri dan nyaman, sehingga sangat mendukung adanya kegiatan ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *