Manfaatkan Hari Libur, SMK DTBS Gelar Dauroh

Jumat (16/2) adalah hari libur sekolah. Para siswa lazimnya berlibur dengan keluarga. Tapi ada yang berbeda dengan santri SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS). Pada hari libur, santri SMK DTBS lebih memilih memanfaatkan hari libur tersebut dangan kegiatan yang bermanfaat. Yakni mengadakan dauroh bersama Ustaz Yusuf Gunawan sebagai pemateri.

Dalam kesempatan itu, Ustaz Yusuf memberikan pemahaman kepada para santri SMK DTBS tentang pacaran islami. Tema ini dipilih karena kebanyakan dari kalangan remaja beranggapan dalam Islam ada pacaran, yang disebut sebagai pacaran islami. Sehingga hal tersebut menimbulkan kebiasan-kebiasan yang salah, tapi sering dianggap benar oleh beberapa orang yang keliru pemahamannya.

“Dalam Islam tidak ada yang namanya pacaran islami. Yang jelas ketika namanya pacaran, sudah pasti mendekatkan diri kita kepada kotornya hati, dan bisa jadi malah maksiat kepada Allah SWT,” ujar Ustaz Yusuf.

Huripudin, Humas SMK DTBS mengatakan, kegiatan ini diikuti 156 santri ikhwan (laki-laki), yang bertempat di aula SMK DTBS. Sedangkan pada waktu yang sama, santri akhwat (perempuan) yang berjumlah sebanyak 119 juga mengadakan kegiatan serupa. Mereka mengadakan kegiatan motivasi dengan pemateri dan tempat berbeda. Yakni di Daarul Hidyah Masjid DT Bandung bersama Ustaz Hamzah Romzul Qurani.

Dalam materinya, Ustaz Hamzah menggali hikmah dari kisah perjuangan para salafushalih, yang gigih dan tangguh menghadapi kerasnya perjuangan demi membela agama Allah. Ia juga membahas bagaimana mengukur barometer keimanan dengan mendalami kisah-kisah orang-orang saleh, yang Allah abadikan kisahnya dalam al-Quran.

Menurut Hurip, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menjadikan para remaja sebagai agen af change, yang tangguh menghadapi arus zaman. Selain itu, untuk menanamkan tujuan pendidikan agar menjadi generasi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *