Program Pesantren Daarut Tauhiid

Masjid Daarut Tauhiid Jakarta: Ramadhan dari Masjid Kita Bangkit

Tahun ini adalah tahun kedua Ramadhan dalam masa pandemi. Namun Alhamdulillah di Ramadhan tahun ini sudah ada kelonggaran untuk bisa kembali memakmurkan masjid. Masjid Daarut Tauhiid Jakarta, tahun ini kembali melaksanakan kegiatan-kegiatan yang biasa rutin diadakan setiap Ramadhan walaupun dengan kondisi new normal dan masih dalam tahap penyesuaian.

Tarawih berjamaah yang biasanya diadakan dengan pembacaan Al Quran satu juz per malam, kini dengan kondisi penyesuaian tarawih dilaksanakan dengan pembacaan surat-surat pendek dari juz 30. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan tarawih tidak terlalu lama sehingga interaksi para jamaah di masjid juga terminimalisir. Tarawih juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, menggunakan masker, serta jamaah membawa alat shalat masing-masing.

Ustadz Dadang Sukandar, selaku Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Daarut Tauhiid Jakarta menyampaikan pesannya kepada para jamaah dalam pelaksanaan tarawih perdana pada 1 Ramadhan 1442 lalu. Beliau menyampaikan, “Marilah kita isi Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, sebagaimana tujuan puasa Ramadhan adalah menjadi orang yang bertakwa.” Beliau juga memaparkan rumus menjadi orang yang bertakwa dari Aa Gym yaitu 5 AT: Tekat yang Kuat, Perbanyak Taubat, Jauhi Maksiat, Tingkatkan Taat, dan Tebar Manfaat.

Begitu pula dengan pelaksanaan kegiatan buka puasa bersama. Setiap Ramadhan, Masjid Daarut Tauhiid Jakarta mengadakan berbagi takjil dan ifthar bagi para jamaah. Setelah tahun lalu sempat libur karena lockdown pandemi, Alhamdulillah Ramadhan tahun ini berbagi takjil dan ifthar di Masjid Daarut Tauhiid kembali dilaksanakan. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, semoga kegiatan ini menjadi sarana silaturahim para jamaah dan juga ladang amal berbagi di bulan yang penuh berkah.

Masih banyak kegiatan lainnya yang diadakan Masjid Daarut Tauhiid Jakarta di bulan Ramadhan ini. Kajian keislaman sebagai sarana asupan ruhiyah pun rutin dilaksanakan, baik yang secara langsung diadakan di Masjid Daarut Tauhiid Jakarta setiap ba’da dzuhur, juga yang secara daring setiap ba’da Ashar selama Ramadhan.

Semoga dengan mengisi Ramadhan dengan aktivitas-aktivitas kebaikan, dapat menambah keberkahan dan menambah ladang pahala di bulan suci ini. (Iyiz)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *