Siapkan Diri Menyambut Ramadhan

Tidak terasa kita semakin dekat untuk memasuki bulan Ramadhan. Bagi kaum muslimin tentunya ini sebagai kabar gembira sekaligus sebagai ujian bagi kaum muslim untuk menukur diri sejauh mana keimanan dan ketaatan kita kepada Allah dan perintah-perintah yang Ia berikan. Bulan yang nanti-nanti kedatangannya karena suasa ibadah yang begitu kental d ibulan yang istimewa ini.

Walaupun bukan berarti bulan-bulan lain selain Ramadhan tidak baik, tentunya semua bulan adalah baik tergantung bagaimana kita menjalaninya. Tetapi bulan Ramadhan menjadi lebih spesial karena keutamaan-keutamaan yang Allah berikan bagi hamba-Nya yang memaksimalkan ibadah dibulan Ramadhan. Lalu apa saja cara atau langkah yang harus kita lakukan agar mampu memaksimalkan ibadah dibulan Ramadhan.

Taubat

Manusia hidup tentunya tidak akan lepas dari hal yang berbau maksiat. Banyak mungkin perilaku kita selama hidup yang disadari atau tidak telah lalai dan maksiat kepada Allah atau zolim kepada saudara kita yang lain. Oleh karenanya Rasulullah mengajarkan kepada ummatnya untuk senantiasa bertaubat kepada Allah ketika kita merasa telah melakukan dosa, baik yang besar ataupun yang kecil.

Tidak terkecuali saat ini kita hendak memasuki bulan Ramadhan, sudah seharusnya kita membersihkan terlebih dahulu kotoran dalam hati kita dengan memohon ampun kepada Allah agar mampu dikuatkan ibadahnya selama bulan Ramadhan bahkan seterusnya, agar kita juga bisa tenang dan fokus dalam beribadah dibulan Ramadhan.

Perbanyak Ibadah

Dengan kita memperbanyak ibadah di bulan-bulan sebelum Ramadhan salah satunya sebagai sarana melatih diri agar di bulan Ramadhan nanti kita mampu lebih memaksimalkan lagi ibadah-ibadah yang sebelumnya sudah sering kita lakukan. Karena tidak sedikit dari kita ummat muslim yang merasa tidak maksimal dalam beribadah di bulan Ramadhan karena di bulan-bulan sebelumnya kita tidak terbiasa untuk banyak beribadah.

Olahraga & Mengatur Pola Tidur

Kita ketahui bersama manfaat olahraga adalah untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Sering berolahraga untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan bia menjadi salah satu sarana kita untuk menjaga kebugaran kita selama bulan Ramadhan nanti. Karena biasanya tubuh kita akan lebih sering merasa lemas dan lesu di bulan Ramadhan karena puasa yang cukup panjang dibanding hari-hari yang lain. Tidak sedikit dari kita yang sering tidur terlalu malam yang jika terlalu sering dilakukan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Entah karena tuntutan pekerjaan atau karena melakukan kegiatan lainnya.

Dalam berpuasa di bulan Ramadhan kita di sunnahkan untuk sahur di pagi hari, banyak kebaikan-kebaikan dan manfaat dari sahur. Tetapi bisa saja kita melewati waktu sahur, karena kelelahan dan kurang tidur yang disebabkan oleh pola tidur kita yang kurang baik dari begadang tadi. Membiasakan tidur lebih awal akan lebih baik bagi kesehatan tubuh, kemudian kita akan lebih mudah bangun diawal hari yang bisa kita manfaatkan untuk ibadah malam dan sahur.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi,” (Hadist riwayat Bukhari No. 1904, 5927 dan Muslim No.1151).

Banyak cari lain juga tentunya untuk kita melatih diri agar mampu memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan. Semoga Allah pertemukan kita dengan bulan Ramadhan ditahun ini dan tahun-tahun berikutnya. (Wahid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *