Mengenal Kantor Perwakilan Wakaf Daarut Tauhiid Jakarta

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya nama Daarut Tauhiid (DT) Jakarta tentu sangat familiar. DT Jakarta berlokasi di Jalan Cipaku 1 no.18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kantor perwakilan Wakaf DT Jakarta saat ini bertugas menghimpun dana wakaf serta mengelola aset wakaf DT di Jakarta dan sekitarnya. Aset wakaf yang dikelola antara lain Masjid DT Jakarta Cipaku, tanah wakaf Serua yang di atasnya berdiri Masjid DT Serua dan Sekolah Adzkia Islamic School, beserta tanah wakaf Tigaraksa Tangerang.

Sejarah DT Jakarta bermula sekitar tahun 1993-1994, beberapa santri DT yang berdomisili di Jakarta mulai menyosialisasikan dakwah KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) melalui kaset, stiker islami, serta tulisan-tulisan. Ternyata langkah tersebut mendapat respon luar biasa dari warga di Pasar Minggu Jakarta Selatan, sehingga dibentuklah suatu pengajian rutin. Pada akhir tahun 1996 atas prakarsa Palgunadi T. Setyawan, mulai rutin dilakukan pertemuan di kediaman beliau tepatnya di Lebak Bulus.

Pada tahun 1997 atas musyawarah bersama, dibentuklah Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) DT Jakarta dengan Rusdi Samad selaku ketua dan Palgunadi T. Setyawan sebagai penasihat. Pada saat itu Kopontren DT Jakarta merupakan aktivitas ekonomi berbasis bisnis distribusi sembako dan perdagangan umum. Kopontren DT Jakarta juga mengembangkan kegiatan dakwah DT, seperti dukungan terhadap kegiatan tausiyah Aa Gym serta menjadi perwakilan dan pusat informasi Pesantren DT.

Pengajian Qalbun Salim dan GAMADA
Pada hari Ahad 1 Muharram 1419 H diresmikan sebuah kegiatan dakwah DT Jakarta dalam musyawarah di Lebak Bulus Jakarta Selatan. Dilanjutkan menggelar Pengajian Qalbun Salim yang diprakarsai oleh Haris Lohot, Yahya Rosita, Ningrum Maurice, Bambang Suhardjo, serta jamaah lainnya. Pengajian ini diisi langsung oleh Aa Gym dan mendapat dukungan dari berbagai kalangan masyarakat.

Pada akhir tahun 1999 dibentuk pula organisasi Keluarga Mahasiswa Daarut Tauhiid (GAMADA). GAMADA menampung kegiatan mahasiswa yang tertarik dengan kegiatan di DT Jakarta. Perluasan sarana dakwah tidak hanya pada pengajian dua mingguan di Masjid al-Azhar, melainkan di kantor-kantor instansi serta tiga radio swasta Jakarta dan televisi swasta. Di sisi lainnya, kegiatan bisnis dan pengembangan ekonomi membuat Kopontren DT semakin kokoh dengan terkonsentrasinya kekuatan jamaah di Jakarta.

Visi, Misi dan Program DT Jakarta
DT Jakarta saat ini bertempat di Jalan Sukamulya V no.1, Kampung Dukuh, Serua Indah, Ciputat, Tangerang Selatan. Di tempat ini berdiri sekolah SMP dan SMA Adzkia Islamic School dengan bangunan asrama putra dan putri diperuntukkan santri yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi.

DT Jakarta memiliki visi untuk menjadi Pesantren Kota Virtual yang berlandaskan tauhid dan melahirkan generasi ahli zikir, pikir, dan ikhtiar. Sedangkan misinya; Pertama, mendakwahkan nilai-nilai tauhid dengan konsep Manajemen Qalbu. Kedua, memberdayakan masyarakat melalui optimalisasi Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) menuju masyarakat mandiri. Ketiga, menyelenggarakan pendidikan informal dan nonformal untuk melahirkan santri yang bertauhid dan memiliki kemampuan entrepreneurship dan leadership.

Ada pun program DT Jakarta antara lain program tahfidz 30 juz dan kajian keislaman serta pengajian di beberapa tempat seperti Masjid Istiqlal, Masjid Al Latif Pasaraya, Masjid Bank Indonesia, dan Masjid DT Cipaku. (Ana)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *