Masuki Masa Emas, Ayo Nyantri di DT

Daarut Tauhiid (DT) menjadi tempat yang tenang bagi jamaah untuk menafakuri diri. Program yang beragam pun menjadikan DT sebagai pilihan tepat. Jamaah rela meninggalkan sementara pekerjaan, anak, dan istri untuk mendapatkan ketenangan. Inilah yang membuat DT punya pesona tersendiri bagi jamaah.

Seperti adanya program yang dimiliki DT melalui Daarut Tarbiyah (kini bergabung dengan Dewan Kemakmuran Masjid DT) yang bernama Pesantren Masa Keemasan (PMK). Program pesantren mukim 40 hari ini khusus bagi jamaah yang berusia 45 tahun ke atas. Sehat jasmiani dan rohani serta tidak pikun, merupakan syarat yang harus dimiliki para calon santrinya.

Menariknya, ada program tambahan yang membuat PMK ini sangat disukai. Dengan adanya rihlah/tafakur alam, senam, PMAHB (Pembekalan Menuju Akhir Hidup Bahagia). Hal ini membuat para santri selain mendapatkan ilmu tentang keislaman, juga memperoleh kesempatan bertakur, menyatu dengan alam.

Hidup Sehat dan Seimbang
Sudahkah kita mensyukuri nikmat Allah dengan selalu merawat dan menjaganya? Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk selalu mensyukuri nikmat Allah. Salah satunya adalah melakukan gaya hidup sehat seimbang atau harmoni.

Untuk mencapai hidup sehat dan seimbang secara medis ada lima aspek yang diperlukan manusia:
1. Menghirup udara segar dan bersih.
2. Makanan dan minuman yang sehat dan seimbang.
3. Pergerakan dan istirahat (olah raga dan rileks) teratur.
4. Waktu bangun dan tidur yang memadai sesuai waktunya.
6. Bisa mengenal dan mengendalikan emosi pribadi, termasuk faktor seks dan agama.

Kiat Sehat di Usia Lanjut
Dengan bertambahnya usia, seseorang semakin sadar bahwa jatah usianya semakin berkurang. Oleh karena itu untuk mengisinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Iman dan takwa harus ditingkatkan. Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan hindari situasi yang menekan secara mental (stres).
2. Agar tetap berguna lakukanlah kegiatan dan hobi yang bermanfaat.
3. Awasi kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan secara teratur.
4. Olah raga teratur.
5. Pengaturan keseimbangan asupan makanan.
6. Hindari berat badan berlebihan.

Kebugaran
Apabila kita sudah merasakan hidup yang harmoni, sudahkah kita rasakan kebugaran dalam diri kita? Bugar adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan.

Dengan adanya perasaan bugar, manfaat yang bisa diambil adalah:
1. Memperlambat dan mencegah penyakit-penyakit degeneratif yang diakibatkan kurang aktifitas, misalnya diabetes mellitus, obesitas, osteoporosis, dan lain-lain.
2. Meningkatkan daya tahan tubuh.
3. Menimbulkan perasaan nyaman, segar, dan energik.
4. Menimbulkan kestabilan dan mental seseorang.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, semoga hidup kita menjadi lebih sehat dan bermakna. Selain menjaga kesehatan, memiliki lingukungan dan kegiatan yang bermanfaat menjadikan masa emas semakin bermakna. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *